Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan: Sebut Campur Tangan Lancang Amerika Serikat

Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan itu disebut Korea Utara sebagai 'campur tangan lancang' Amerika Serikat

Editor: Erik S
zoom-in Korea Utara Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan: Sebut Campur Tangan Lancang Amerika Serikat
EPA/BBC
Korea Utara mengecam kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan. 

TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG- Korea Utara mengecam kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan itu disebut Korea Utara sebagai 'campur tangan lancang' Amerika Serikat (AS) dalam urusan internal China, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Pesawat yang Ditumpangi Nancy Pelosi Terbang di Atas Manado & Kalimantan, Hindari Laut China Selatan

Nancy Pelosi telah mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8/2022) malam. Dia menjadi pejabat tinggi AS pertama yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun terakhir.

China telah menjelaskan bahwa mereka menganggap kehadiran Ketua DPR AS di Taiwan sebagai provokasi besar dan telah mengeluarkan peringatan dan ancaman yang semakin keras.

Seorang juru bicara di Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan Pyongyang akan "sepenuhnya mendukung" posisi Beijing, menyalahkan Washington karena meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

"Campur tangan AS yang lancang dalam urusan internal negara lain dan provokasi politik dan militernya yang disengaja, memang merupakan akar penyebab gangguan perdamaian dan keamanan di kawasan itu," kata juru bicara Kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan media pemerintah Korea Utara, KCNA.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara menyatakan, Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari China dan masalah Taiwan berkaitan dengan urusan dalam negeri China.

Baca juga: Pelosi ke Taiwan, China Siaga Tinggi

BERITA TERKAIT

Pernyataan itu hadir mendukung protes keras China atas keputusan ketua DPR AS kunjungi Taiwan. Korea Utara mendukung sikap China.

"Kami dengan keras mengecam campur tangan kekuatan eksternal dalam masalah Taiwan, dan sepenuhnya mendukung sikap adil pemerintah China untuk dengan tegas mempertahankan kedaulatan negara dan integritas teritorial," tambah Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara, sebagaimana dikutip dari AFP.

Baca juga: Rusia Pasang Badan Untuk China, Anggap Kedatangan Pelosi ke Taiwan Sebagai Provokasi

China seperti diketahui adalah sekutu lama dan dermawan ekonomi Korea Utara. Hubungan mesra kedua negara ditempa dalam pertumpahan darah Perang Korea, ketika Mao Zedong mengirim jutaan

"sukarelawan" untuk melawan pasukan PBB yang dipimpin AS terhenti. Hubungan Korea Utara dan China sempat naik-turun selama bertahun-tahun karena ambisi nuklir Pyongyang yang berkembang, tetapi keduanya telah bekerja untuk memperbaiki hubungan mereka.

Penulis : Irawan Sapto Adhi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas