Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Ngamuk, AS Setujui Penjualan Rudal dan Pertahanan Udara Senilai Rp16,3 Triliun ke Taiwan

China memberikan ancaman kepada AS setelah Gedung Putih menyetujui penjualan rudal serta sistem pertahanan udara senilai $1,1 miliar kepada Taiwan.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in China Ngamuk, AS Setujui Penjualan Rudal dan Pertahanan Udara Senilai Rp16,3 Triliun ke Taiwan
AFP/SAM YEH
Tentara Angkatan Udara bersiap untuk memuat rudal anti kapal Harpoon AGM-84 buatan AS di depan jet tempur F-16V selama latihan di pangkalan Angkatan Udara Hualien pada 17 Agustus 2022. - China memberikan ancaman kepada AS setelah Gedung Putih menyetujui penjualan rudal serta sistem pertahanan udara senilai $1,1 miliar kepada Taiwan. 

TRIBUNNEWS.COM - China kembali meradang karena ulah Amerika Serikat (AS) yang menyetujui penjualan senjata senilai $1,1 miliar atau sekitar Rp16,3 triliun kepada Taiwan.

Penjualan senjata itu meliputi rudal udara-ke-laut Harpoon senilai $355 juta dan rudal udara-ke-udara Sidewinder seharga $85 juta, jelas Departemen Luar Negeri AS.

Nilai terbesar dari penjualan senjata itu adalah program radar pengawasan yang dapat memberikan peringatan pertahanan udara, senilai $655 juta.

Dilansir The Guardian, sistem pertahanan udara peringatan dini menjadi lebih penting bagi Taiwan belakangan ini. 

Mengingat China meningkatkan latihan militer di dekat pulau yang diklaim sebagai wilayahnya itu.

Pentagon mengumumkan paket senjata itu pada Jumat (2/9/2022).

Baca juga: Taiwan Tembak Jatuh Drone di Dekat China setelah Berulang Kali Peringatannya Tak Digubris Beijing

Diketahui kontraktor utama rudal Harpoon adalah Boeing Co, sementara Raytheon produsen Sidewinders dan program radar.

BERITA TERKAIT

Penjualan senjata itu meliputi 60 rudal anti-kapal dan 100 rudal udara-ke-udara.

Menyusul pengumuman ini, China memberikan respons keras kepada AS.

Liu Pengyu, juru bicara Kedutaan Besar China di Washington, dalam pernyataannya menyebut penjualan senjata itu membahayakan hubungan Beijing-Washington serta stabilitas di Selat Taiwan.

"China akan dengan tegas mengambil tindakan balasan yang sah dan diperlukan sehubungan dengan perkembangan situasi," katanya, lapor Reuters

Pemerintahan Joe Biden mengaku paket penjualan senjata itu telah dipertimbangkan sebelumnya dan dikonsultasikan dengan anggota parlemen Taiwan dan AS.

Laura Rosenberger, direktur senior Gedung Putih untuk China dan Taiwan, mengatakan dalam pernyataan bahwa AS memberikan bantuan pertahanan diri kepada Taiwan.

Pasalnya China, menurut Rosenberger, berusaha mengubah status quo di Selat Taiwan dan meningkatkan tekanan kepada pulau tersebut.

Kombinasi gambar file ini menunjukkan Presiden AS Joe Biden (kiri) berbicara di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Washington, DC pada 2 Juni 2021; dan Presiden China Xi Jinping berbicara setibanya di bandara internasional Makau pada 18 Desember 2019.
Kombinasi gambar file ini menunjukkan Presiden AS Joe Biden (kiri) berbicara di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Washington, DC pada 2 Juni 2021; dan Presiden China Xi Jinping berbicara setibanya di bandara internasional Makau pada 18 Desember 2019. - China memberikan ancaman kepada AS setelah Gedung Putih menyetujui penjualan rudal serta sistem pertahanan udara senilai $1,1 miliar kepada Taiwan. (MANDEL NGAN, Anthony WALLACE / AFP)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas