Tribun

Para Wanita Negara Anggota IPEF Termasuk Indonesia Dapat Jatah Pelatihan Gratis di Google dan Apple

Para wanita anggota negara berkembang IPEF termasuk Indonesia nantinya dapat belajar gratis di Google dan Apple.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Para Wanita Negara Anggota IPEF Termasuk Indonesia Dapat Jatah Pelatihan Gratis di Google dan Apple
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Para Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri dari 14 Negara anggota IPEF (Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik) berkumpul di Los Angeles. Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo menjanjikan kepada para wanita anggota negara berkembang Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik untuk belajar gratis di Google dan Apple. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo menjanjikan kepada para wanita anggota negara berkembang Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) atau Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik untuk belajar gratis di Google dan Apple.

Hal yang sama juga berlaku terhadap wanita Indonesia, sebagai salah satu negara anggota IPEF.

"Menteri Perdagangan AS telah menjanjikan Indonesia dan anggota IPEF lain terutama kalangan wanitanya dapat belajar di Google dan Apple gratis," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (9/9/2022).

IPEF dipandang kurang bermanfaat bagi negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia, karena tidak ada pembahasan mengenai penurunan tarif untuk membuka pasar AS.

Baca juga: Pakar UGM: IPEF Bisa Jadi Momentum Diplomasi Politik dan Ekonomi di Kawasan

Namun, pada tanggal 8 September 2022, Amerika Serikat mengumumkan bahwa 14 perusahaan AS, termasuk Google dan Apple, akan memberikan kesempatan pelatihan gratis untuk meningkatkan keterampilan digital bagi sekitar 7 juta perempuan di negara berkembang, termasuk Indonesia, yang menjadi anggota IPEF.

"Ini adalah contoh bagaimana hal itu dapat membawa manfaat nyata bagi negara-negara anggota," kata Menteri perdagangan AS, Gina Raimondo.

Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang Yasutoshi Nishimura, yang mewakili Jepang pada pertemuan tersebut, merasa yakin IPEF akan berkembang baik menjadi kelompok perdagangan yang berkembang di masa depan.

"IPEF dapat berfungsi sebagai model untuk kemitraan ekonomi baru. Jepang akan secara aktif berkontribusi pada IPEF," papar Nishimura, Minggu (10/9/2022).

Pertemuan tingkat menteri Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (IPEF), visi untuk zona ekonomi baru yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan dihadiri oleh 14 negara termasuk Jepang, dapat berfungsi sebagai model kemitraan dagang baru dan akan berkembang baik di masa depan.

Pertemuan ditutup pada tanggal 9 September waktu AS setelah dua hari diskusi di Los Angeles, barat Amerika Serikat.

Ke-14 negara peserta sepakat untuk memulai negosiasi formal dan menyusun pernyataan di empat bidang, termasuk penguatan rantai pasokan dan dekarbonisasi.

Pembentukan kontra-kampanye terhadap China, yang meningkatkan pengaruhnya di kawasan Indo-Pasifik, sedang berjalan lancar.

Negosiasi akan dimulai di empat bidang, perdagangan, rantai pasokan, ekonomi bersih seperti dekarbonisasi, dan ekonomi yang adil seperti antikorupsi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas