Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panggilan Mobilisasi Parsial Tak Berjalan Mulus, Putin Tegaskan akan Perbaiki Semua Kesalahan

Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui panggilan mobilisasi 300.000 tentara cadangan untuk memperkuat operasi militer di Ukraina tak berjalan mulus.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah
zoom-in Panggilan Mobilisasi Parsial Tak Berjalan Mulus, Putin Tegaskan akan Perbaiki Semua Kesalahan
AFP/STRINGER
Pasukan cadangan yang direkrut selama mobilisasi parsial menghadiri upacara keberangkatan di Sevastopol, Krimea, pada 27 September 2022. - Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui panggilan mobilisasi 300.000 tentara cadangan untuk memperkuat operasi militer di Ukraina tak berjalan mulus. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui panggilan mobilisasi untuk mengerahkan 300.000 tentara cadangan untuk memperkuat operasi militer di Ukraina tak berjalan mulus.

Putin mengatakan semua kesalahan yang timbul harus diperbaiki.

Ini merupakan pernyataan resmi pertamanya sejak mengumumkan pengerahan mobilisasi parsial pekan lalu.

Dikutip Al Jazeera, ketidakpuasan publik meluas atas pengumuman mobilisasi parsial tersebut.

Pejabat dan warga Rusia mengeluhkan pendaftaran yang mengirimkan surat panggilan kepada orang-orang yang jelas-jelas tidak memenuhi syarat.

Ribuan orang melarikan diri dari Rusia untuk menghindari wajib militer yang dianggap mendaftarkan mereka yang memiliki pengalaman militer dan spesialisasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Berita Foto : Eksodus Warga Rusia Hindari Perintah Mobilisasi Parsial

Namun hal tersebut seringkali tampak mengabaikan catatan layanan individu, kesehatan, status pelajar, atau bahkan usia.

BERITA REKOMENDASI

Ribuan orang ditangkap dalam protes anti-perang

Lebih dari 2.400 orang juga telah ditangkap dalam protes anti-perang yang tidak disetujui di lebih dari 30 kota besar dan kecil, menurut organisasi OVD-Info.

Beberapa dari mereka segera diberi surat panggilan – sesuatu yang menurut Kremlin benar-benar legal.

“Dalam perjalanan mobilisasi ini, banyak pertanyaan yang muncul, dan semua kesalahan harus diperbaiki dan dicegah agar tidak terjadi di masa depan,” kata Putin.

“Misalnya, saya memikirkan ayah dari banyak anak, atau orang yang menderita penyakit kronis, atau mereka yang sudah melewati usia wajib militer.”

Baca juga: Finlandia Tolak Warga Rusia Masuk setelah Terjadi Lonjakan Kedatangan akibat Mobilisasi

Pasukan cadangan yang direkrut selama mobilisasi parsial menghadiri upacara keberangkatan di Sevastopol, Krimea, pada 27 September 2022. - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pada 21 September mobilisasi ratusan ribu pria Rusia untuk mendukung tentara Moskow di Ukraina, memicu demonstrasi dan eksodus pria ke luar negeri.
 (Photo by STRINGER / AFP)
Pasukan cadangan yang direkrut selama mobilisasi parsial menghadiri upacara keberangkatan di Sevastopol, Krimea, pada 27 September 2022. - Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui panggilan mobilisasi 300.000 tentara cadangan untuk memperkuat operasi militer di Ukraina tak berjalan mulus. (AFP/STRINGER)

Pengumuman mobilisasi parsial dikecam bahkan oleh pejabat Rusia

Pengumuman Rusia pada 21 September tentang mobilisasi publik pertamanya sejak Perang Dunia II bahkan telah menarik kritik dari pendukung resmi Kremlin sendiri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas