Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Burkina Faso Mengundurkan Diri setelah Kudeta, Ajukan 7 Syarat

Presiden Burkina Faso, Paul-Henri Sandaogo Damiba, mengundurkan diri untuk menghindari kekerasan setelah kudeta. Dia mengajukan tujuh syarat.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Presiden Burkina Faso Mengundurkan Diri setelah Kudeta, Ajukan 7 Syarat
AFP
Pengambilan video ini diambil dari video yang disiarkan pada 2 Oktober 2022 oleh televisi nasional Burkina Faso menunjukkan Kapten Kiswendsida Farouk Azaria Sorgho (tengah), anggota junta membacakan pernyataan di sebelah pemimpin kudeta Ibrahim Traoré (kiri) dan dikelilingi oleh anggota militer yang mengklaim mengambil alih kekuasaan pada 30 September 2022 di Ouagadougou. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Burkina Faso, Paul-Henri Sandaogo Damiba, mengundurkan diri secara bersyarat untuk menghindari kekerasan setelah kudeta pada Jumat (30/9/2022).

Dia mengundurkan diri setelah tawarannya diterima Kapten Ibrahim Traore, pemimpin militer baru yang memproklamirkan diri.

Menurut sebuah pernyataan pada hari Minggu (2/10/2022) oleh para mediator, Damiba menawarkan pengunduran dirinya untuk menghindari konfrontasi dengan konsekuensi manusia dan material yang serius.

"Presiden Paul-Henri Sandaogo Damiba mengusulkan pengunduran dirinya untuk menghindari bentrokan," kata Hamidou Yameogo, juru bicara upaya mediasi.

Mengutip Al Jazeera, Damiba menetapkan tujuh syarat untuk mengundurkan diri.

Ketujuh syarat termasuk jaminan keamanan bagi sekutunya di militer, jaminan keamanan dan hak-haknya, dan jaminan bahwa mereka yang mengambil alih kekuasaan akan menghormati janji yang dia berikan kepada blok regional Afrika Barat untuk kembali ke pemerintahan sipil dalam waktu dua tahun.

Baca juga: Profil Luiz Inacio Lula da Silva, Mantan Presiden Brasil, Pernah Jadi Tukang Semir Sepatu dan Kurir

Sementara itu, Traore secara resmi ditunjuk sebagai kepala negara setelah dia menerima persyaratan yang diberikan oleh Damiba.

BERITA TERKAIT

Dia menyerukan seluruh penduduk untuk tenang, menahan diri dan berdoa.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Minggu oleh militer pro-Traore mengatakan dia akan tetap bertanggung jawab sampai pelantikan presiden Burkina Faso yang ditunjuk oleh pasukan aktif negara pada tanggal yang tidak ditentukan.

Pergantian kepemimpinan kedua dalam setahun dimulai pada hari Jumat ketika perwira militer mengumumkan deposisi Damiba, pembubaran pemerintah transisi dan penangguhan konstitusi.

Demonstran Serang Keduataan Prancis

Damiba, yang memimpin kudeta pada Januari, mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia tidak berniat menyerahkan kekuasaan dan mendesak para petugas untuk “sadar”.

Ketegangan meningkat di negara itu sejak Jumat, dengan bentrokan terjadi antara pengunjuk rasa dan pasukan keamanan.

Ibrahim Traoré memproklamirkan diri sebagai kepala negara baru Burkina Faso
Dalam pengambilan video ini diambil dari cuplikan AFPTV, pemimpin baru junta militer yang berkuasa di Burkina Faso, Kapten Ibrahim Traoré (tengah), yang memproklamirkan diri, berparade di jalan-jalan Ouagadougou dan menyapa kerumunan yang bersorak-sorai pada 2 Oktober 2022. pemimpin putsch baru yang memproklamirkan diri menyerukan diakhirinya kekerasan terhadap sasaran Prancis, setelah serangkaian serangan terhadap bangunan yang terkait dengan bekas kekuatan kolonial.

Sabtu malam, pengunjuk rasa yang marah menyerang kedutaan Prancis di Ouagadougou karena mereka yakin Damiba sedang merencanakan serangan balasan dari "pangkalan Prancis" - tuduhan yang dia dan Prancis bantah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas