Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tidak Ada WNI Korban Penembakan Massal di Thailand, Indonesia Sampaikan Duka Cita

Indonesia berbelasungkawa atas insiden penembakan massal yang dilakukan seorang mantan polisi di wilayah Nong Bua Lam Phu mengakibatkan 32 tewas

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Tidak Ada WNI Korban Penembakan Massal di Thailand, Indonesia Sampaikan Duka Cita
AFP
Pelaku pembantaian massal di Thailand, Panya Khamrab (kiri) dan peti mati korban penyerangan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia berbelasungkawa atas insiden penembakan massal yang dilakukan oleh seorang mantan polisi di wilayah Nong Bua Lam Phu yang mengakibatkan 32 orang tewas. 

Pelaku melarikan diri, lalu menembak istri dan anaknya, kemudian melakukan bunuh diri.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) Judha Nugraha mengatakan tidak ada warga Indonesia yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

Kordinasi dilakukan KBRI Bangkok dan Kemlu Thailand serta masyarakat Indonesia yang ada di Thailand untuk memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban.

Sebuah ambulans yang membawa peti mati korban tiba di kamar mayat rumah sakit di Udon Thani pada 6 Oktober 2022 menyusul penembakan massal di sebuah kamar bayi oleh seorang mantan polisi. - Penembak Panya Khamrab menembak mati sedikitnya 37 orang, kebanyakan dari mereka anak-anak, ketika dia menyerbu sebuah kamar bayi di Thailand pada 6 Oktober dalam salah satu pembunuhan massal paling mematikan di kerajaan itu. (Photo by Manan VATSYAYANA / AFP)
Sebuah ambulans yang membawa peti mati korban tiba di kamar mayat rumah sakit di Udon Thani pada 6 Oktober 2022 menyusul penembakan massal di sebuah kamar bayi oleh seorang mantan polisi. - Penembak Panya Khamrab menembak mati sedikitnya 37 orang, kebanyakan dari mereka anak-anak, ketika dia menyerbu sebuah kamar bayi di Thailand pada 6 Oktober dalam salah satu pembunuhan massal paling mematikan di kerajaan itu. (Photo by Manan VATSYAYANA / AFP) (AFP/MANAN VATSYAYANA)

"Segera setelah mendapatkan informasi insiden tersebut KBRI segera melakukan kordinasi dengan otoritas setempat, termasuk dengan Kementerian Luar Negeri Thailand, dan juga melakukan komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia yang ada di wilayah tersebut. Hingga saat ini tidak ada informasi adanya WNI yang menjadi korban penembakan peristiwa tersebut," kata Judha di press briefing mingguan secara online, Jumat (7/10/2022). 

Baca juga: Kesaksian Guru yang Selamat dari Penembakan Massal Thailand: Anak-anak Nangis lalu Tiba-tiba Hening

Berdasarkan catatan KBRI Bangkok, total terdapat 2320 WNI yanv tinggal dan menetap di wilayah Thailand.

Indonesia juga menyampaikan belasungkawa atas peristiwa tersebut lewat unggahan yang diposting Kemlu RI lewat akun twitter @Kemlu_RI.

BERITA TERKAIT

"Kami sangat sedih dengan serangan penembakan yang mengerikan di Provinsi Nong Bua Lam Phu. Belasungkawa tulus kami kepada para korban dan orang yang mereka cintai. Indonesia berdiri bersama rakyat Thailand di masa sulit ini," tulis twit tersebut.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas