Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Liz Truss Menghadap Raja Charles II, Ajukan Pengunduran Diri sebagai Perdana Menteri Inggris

Liz Truss menghadap Raja Charles III untuk mengajukan pengunduran dirinya sebagai Perdana Menteri Inggris, Selasa (25/10/2022) di Istana Buckingham

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Liz Truss Menghadap Raja Charles II, Ajukan Pengunduran Diri sebagai Perdana Menteri Inggris
Yui Mok / POOL / AFP
Perdana Menteri Inggris yang akan keluar Liz Truss tiba di Istana Buckingham di London pada 25 Oktober 2022, untuk audiensi dengan Raja Charles III untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri. Rishi Sunak pada Selasa akan ditunjuk sebagai perdana menteri ketiga Inggris tahun ini, setelah pemimpin yang akan keluar Liz Truss mengajukan pengunduran dirinya kepada Raja Charles III. 

TRIBUNNEWS.COM - Liz Truss menghadap Raja Charles III untuk mengajukan pengunduran dirinya dari jabatan Perdana Menteri Inggris, Selasa (25/10/2022).

Truss menghadiri audiensi di Istana Buckingham ditemani oleh sang suami, Hugh O'Leary dan putri mereka, Frances (16) dan Liberty (13).

Dikutip gbnews, Truss disambut oleh Sir Clive Alderton, sekretaris pribadi utama untuk Permaisuri Raja dan Ratu, dan Equerry raja, Letnan Kolonel Jonny Thompson.

Raja Charles III dan Truss dijadwalkan bertemu di Ruang 1844 Istana, di mana mantan pemimpin Partai Tory akan menawarkan pengunduran dirinya kepada Raja.

Keluarganya diharapkan untuk bergabung dengannya menjelang akhir audiensi.

Selama pidato terakhirnya di luar No 10 Downing Street pada Selasa (25/10/2022), Truss menekankan perlunya untuk menjadi "berani" sebagai pemimpin.

Baca juga: SOSOK Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Termuda yang Gantikan Liz Truss

"Sejak saya menjabat Pedana Menteri, saya lebih yakin bahwa kita harus berani menghadapi tantangan," kata Truss.

BERITA TERKAIT

Dalam pidato yang berlangsung selama tiga menit tujuh detik, Truss mengutip filsuf Romawi Seneca.

“Bukan karena hal-hal sulit sehingga kami tidak berani. Karena kami tidak berani maka mereka sulit," tuturnya.

Truss kemudian berterima kasih kepada keluarganya dan tim Downing Street selama pidatonya.

“Kami terus berjuang melalui badai, tetapi saya percaya pada Inggris, saya percaya pada rakyat Inggris dan saya tahu bahwa hari-hari yang lebih cerah terbentang di depan,” ucapnya mengakhiri pidato.

Baca juga: Boris Johnson Kembali Saat Rishi Sunak Penuhi Syarat untuk Gantikan Liz Truss

Profil Liz Truss

Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyampaikan pidato di luar 10 Downing Street di pusat kota London pada 20 Oktober 2022 untuk mengumumkan pengunduran dirinya. - Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya setelah hanya enam minggu menjabat yang tampak seperti turun ke neraka, memicu pemilihan internal baru di dalam Partai Konservatif. (Photo by Daniel LEAL / AFP)
Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyampaikan pidato di luar 10 Downing Street di pusat kota London pada 20 Oktober 2022 untuk mengumumkan pengunduran dirinya. - Perdana Menteri Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya setelah hanya enam minggu menjabat yang tampak seperti turun ke neraka, memicu pemilihan internal baru di dalam Partai Konservatif. (Photo by Daniel LEAL / AFP) (AFP/DANIEL LEAL)

Seperti diketahui, Liz Truss terpilih menjadi PM Inggris dan pemimpin Partai Konservatif oleh anggota Partai Konservatif pada Senin (5/9/2022).

Liz Truss merupakan perdana menteri Inggris ke-56 dan perdana menteri wanita ketiga yang memimpin negara itu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas