Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Korban Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea: 149 Orang Tewas, Kebanyakan Berusia 20-an

149 orang dilaporkan tewas dalam tragedi pesta Halloween yang digelar di Itaewon, Yongsan-gu, Korea Selatan. 76 orang dilaporkan terluka.

Penulis: Miftah Salis
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Update Korban Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea: 149 Orang Tewas, Kebanyakan Berusia 20-an
Jung Yeon-je / AFP
Mayat para korban, yang diyakini menderita serangan jantung, ditutupi dengan seprai di distrik kehidupan malam populer Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. Puluhan orang menderita serangan jantung di ibu kota Korea Selatan, Seoul, pada 29 Oktober. ribuan orang memadati jalan-jalan sempit di lingkungan kota Itaewon untuk merayakan Halloween, kata pejabat setempat- Dilaporkan 149 orang tewas akibat kejadian tersebut yang sebagian besar berusia 20-an. 

TRIBUNNEWS.COM- Berikut ini update korban tragedi pesta Halloween yang digelar di Itaewon, Yongsan-gu, Korea Selatan pada Sabtu (29/10/2022) malam.

Sebanyak 149 orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut yang kebanyakan berusia 20-an.

Sementara 76 orang dilaporkan terluka diduga akibat terinjak-injak.

Kekacauan terjadi dalam perayaan Halloween terbesar pertama di Korea Selatan setelah pencabutan pembatasan kerumunan akibat pandemi Covid-19.

Mengutip dari CNN, saksi mata mengatakan pengunjung pesta membludak melalui gang sempit di distrik kehidupan malam yang populer di Seoul.

Saksi mata menyebut sebelum kekacauan terjadi, para pengunjung pesat sudah memadati jalan-jalan sempit hingga sulit untuk bergerak.

“Saya melihat orang-orang pergi ke sisi kiri dan saya melihat orang itu menuju ke sisi yang berlawanan. Jadi, orang yang di tengah macet, jadi tidak bisa berkomunikasi, tidak bisa bernapas,” kata saksi Sung Sehyun.

Baca juga: Kronologi Halloween Itaewon Tewaskan Ratusan Orang: Isu Ada Artis Tak Dikenal hingga Tumpukan Mayat

BERITA REKOMENDASI

Hingga berita ini ditulis, pejabat melaporkan setidaknya ada 149 orang tewas yang sebagian besar adalah remaja dan dewasa muda berusia 20-an.

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Yongsan-gu, Choi Seng-bum, menyebut bahwa korban diduga terinjak-injak dan banyak yang jatuh.

Para korban didua mengalami kesulitan bernapas.

Mayat para korban, diyakini menderita serangan jantung, ditutupi dengan selimut di distrik kehidupan malam populer Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. Puluhan orang menderita serangan jantung di ibukota Korea Selatan Seoul, setelah ribuan orang memadati jalan-jalan sempit di lingkungan kota Itaewon untuk merayakan Halloween, kata pejabat setempat.
Yelim LEE / AFP
Mayat para korban, diyakini menderita serangan jantung, ditutupi dengan selimut di distrik kehidupan malam populer Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. Puluhan orang menderita serangan jantung di ibukota Korea Selatan Seoul, setelah ribuan orang memadati jalan-jalan sempit di lingkungan kota Itaewon untuk merayakan Halloween, kata pejabat setempat. Yelim LEE / AFP (Yelim LEE / AFP)

Pihak berwenang menerima laporan pertama insiden tersebut pada Sabtu sekira pukul 10:24 malam.

Dikutip dari Reuters, Choi mengatakan seluruh korban tewas kemungkinan besar akibat kecelakaan di gang sempit tersebut.

Rekaman video menunjukkan orang-orang memadati gang sempit dan miring hingga akhirnya mereka tidak bisa bergerak bahkan saat petugas berusaha membebaskan mereka.

Orang-orang disebut terus berduyun-duyun menuju gang sempit yang penuh sesak saat mereka yang telah melintasi jalan miring tersebut jatuh.

Akibatnya, orang-orang di bawah mereka terguling-guling di atas yang lain.

Distrik Itaewon dikenal populer di kalangan anak muda Korea Selatan.

(Tribunnews.com/Salis)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas