Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengadilan Turki akan Dakwa 17 Tersangka Pemboman di Istanbul, 1 Pelaku Wanita Teridentifikasi

Pengadilan Turki akan dakwa 17 tersangka pemboman di Istanbul, 1 pelaku wanita teridentifikasi sebagai tersangka yang meninggalkan bom.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Daryono
zoom-in Pengadilan Turki akan Dakwa 17 Tersangka Pemboman di Istanbul, 1 Pelaku Wanita Teridentifikasi
AFP/YASIN AKGUL
Ambulans naik ketika polisi Turki mencoba mengamankan daerah itu setelah ledakan kuat yang tidak diketahui asalnya mengguncang jalan perbelanjaan Istiklal yang sibuk di Istanbul, pada 13 November 2022. Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya men-tweet bahwa empat orang tewas dan 38 terluka menurut penyelidikan awal informasi. (Photo by Yasin AKGUL / AFP) - Pengadilan Turki akan dakwa 17 tersangka pemboman di Istanbul, 1 pelaku wanita teridentifikasi sebagai tersangka yang meninggalkan bom di jalan Istanbul. 

TRIBUNNEWS.COM - Pengadilan Turki telah menahan 17 tersangka kasus pemboman di pusat perbelanjaan Istanbul Istiklal Avenue, Distrik Beyoglu, Istanbul, Turki yang terjadi pada Minggu (13/11/2022) sore.

Semua tersangka diduga melakukan upaya melawan persatuan negara dan pembunuhan yang disengaja dengan upaya untuk membunuh.

Pengadilan Turki membebaskan tiga tersangka lain dari tahanan sambil menunggu persidangan.

Selain itu, pengadilan juga memerintahkan 29 orang yang ditangkap polisi dideportasi dari Turki, sehubungan dengan serangan itu.

Sejauh ini, tidak ada informasi mengenai 29 orang yang menghadapi deportasi.

Baca juga: Vladimir Putin dan Erdogan Bahas Kerja Sama Pangkalan Gas di Turki dan Ekspor Biji-bijian

Pada Minggu (13/11/2022) sekira pukul 16.20 waktu setempat, terjadi ledakan di jalan Istanbul Istiklal Avenue, Distrik Beyoglu, Istanbul, Turki, dikutip dari Independent.

Ledakan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal, termasuk termasuk dua anak.

BERITA TERKAIT

Sementara itu, ada lebih dari 80 lainnya terluka.

Otoritas Turki menyalahkan Partai Pekerja Kurdistan atau PKK yang dilarang, serta kelompok Kurdi Suriah yang berafiliasi dengannya.

Namun, Kelompok militan Kurdi membantah terlibat.

Jaksa telah menginterogasi tersangka utama dalam serangan itu, seorang wanita Suriah yang dituduh meninggalkan bom bermuatan TNT di Jalan Istiklal.

Anggota polisi melakukan investigasi TKP setelah ledakan kuat yang tidak diketahui asalnya mengguncang jalan perbelanjaan Istiklal yang sibuk di Istanbul, pada 13 November 2022. - Presiden Turki mengutuk serangan keji yang merobek Istanbul tengah, dan mengatakan itu menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 50 lainnya, pada 13 November 2022. (Photo by Yasin AKGUL / AFP)
Anggota polisi melakukan investigasi TKP setelah ledakan kuat yang tidak diketahui asalnya mengguncang jalan perbelanjaan Istiklal yang sibuk di Istanbul, pada 13 November 2022. - Presiden Turki mengutuk serangan keji yang merobek Istanbul tengah, dan mengatakan itu menewaskan enam orang dan melukai lebih dari 50 lainnya, pada 13 November 2022. (Photo by Yasin AKGUL / AFP) (AFP/YASIN AKGUL)

Baca juga: Turki Yakin Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Ukraina akan Terus Berlanjut

Tersangka pemboman yang merupakan wanita itu diidentifikasi sebagai Ahlam Albashir.

Ia diduga mengatakan kepada interogatornya telah memasuki Turki secara ilegal, dikutip dari The Hindu.

Tersangka Ahlam Albashir telah tinggal di sebuah rumah di Istanbul selama empat bulan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas