Tribun

Biaya Makan Malam Natal di Inggris Naik 9,3 Persen Meski Inflasi Harga Bahan Makanan Turun

Para pembeli harus mengeluarkan tambahan 60 poundsterling pada Desember ini untuk membeli barang yang sama seperti tahun lalu.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Biaya Makan Malam Natal di Inggris Naik 9,3 Persen Meski Inflasi Harga Bahan Makanan Turun
pexels.com/Gary Spears
Ilustrasi Natal. Biaya makan malam Natal tradisional untuk empat orang naik hampir 10 persen pada tahun ini menjadi 31 poundsterling, meskipun inflasi harga bahan makanan turun untuk pertama kalinya dalam 21 bulan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Biaya makan malam Natal tradisional untuk empat orang naik hampir 10 persen pada tahun ini menjadi 31 poundsterling, meskipun inflasi harga bahan makanan turun untuk pertama kalinya dalam 21 bulan.

Bahan makanan masih 14,6 persen lebih mahal dibandingkan tahun lalu, namun angka ini turun dari 14,7 persen pada bulan lalu sebagai tanda bahwa laju inflasi sedikit berkurang.

Terlepas dari sedikit keringanan pada momen Natal kali ini, para pembeli harus mengeluarkan tambahan 60 poundsterling pada Desember ini untuk membeli barang yang sama seperti tahun lalu.

Sementara biaya makan malam Natal untuk empat orang naik 9,3 persen menjadi 31 poundsterling.

Baca juga: Kekurangan Stok, Harga Pohon Natal di Amerika Serikat Diprediksi Naik 15 Persen

Dikutip dari laman Yahoo, Selasa (6/12/2022), penjualan pai cincang dan puding Natal pun turun dari tahun ke tahun.

Hal itu karena konsumen meninggalkan pembelian musiman mereka untuk mencoba mengelola anggaran menjelang Hari Natal.

Bahkan ajang turnamen sepak bola kelas dunia 'FIFA World Cup 2022' pun telah gagal membuat pasar swalayan sibuk, dengan penjualan bir yang dibawa pulang naik 5 persen menjadi 230 juta poundsterling, namun ini sebagian besar karena disebabkan kenaikan harga.

Menurut perusahaan analisis data yang berbasis di London, Inggris, 'Kantar', pertumbuhan yang kuat terjadi pada supermarket yang menerapkan diskon selama 12 minggu terakhir, dengan Aldi dan Lidl membuka toko baru di seluruh Inggris.

Aldi dan Lidl merupakan merek supermarket besar di negara itu.

Penjualan Lidl meningkat sebesar 22 persen secara tahunan, mendorong pangsa pasarnya ke rekor 7,4 persen.

Sementara itu ada tambahan 1,5 juta rumah tangga yang berbelanja di Aldi dibandingkan tahun lalu, karena meningkatkan penjualan sebesar 24,4 persen untuk mengklaim 9,3 persen pasar.

Kepala Wawasan Ritel dan Konsumen di Kantar, Fraser McKevitt mengatakan bahwa saat memasuki waktu tersibuk tahun ini untuk supermarket, ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa laju inflasi harga bahan makanan sedikit berkurang.

Hal itu karena melihat penurunan kecil sebesar 0,1 poin persentase bulan ini, ini merupakan penurunan pertama dalam 21 bulan.

"Inflasi bahan makanan masih memiliki jalan panjang untuk turun dan berdasarkan tarif saat ini, pembeli harus mengeluarkan tambahan 60 poundsterling pada Desember ini untuk membeli barang yang sama seperti tahun lalu. Biaya makan malam Natal tradisional untuk empat orang telah mencapai 31 poundsterling pada 2022," kata McKevitt.

Namun Kantar mengatakan bahwa bulan ini akan menjadi yang terbesar untuk penjualan bahan makanan dibawa pulang, itu karena kombinasi antara inflasi dan pengeluaran untuk pesta.

"Desember tampaknya akan menjadi bulan pemecahan rekor dengan penjualan melampaui angka 12 miliar poundsterling untuk pertama kalinya. Kami berharap Jumat, 23 Desember menjadi hari tersibuk untuk berbelanja sebelum Natal," tegas McKevitt.

Ia menambahkan bahwa pihaknya melihat lebih banyak lagi bukti strategi penanggulangan yang diadopsi pembeli untuk mengurangi kenaikan biaya.

"Khususnya penjualan label sendiri tumbuh dengan cepat, sekarang naik 11,7 persen dari tahun ke tahun. Garis label sendiri dengan nilai termurah telah melonjak sebesar 46,3 persen, namun orang masih ingin menemukan ruang untuk suguhan saat ini dan ini juga mendorong pertumbuhan di ujung lain spektrum. Penjualan label sendiri premium naik 6,1 persen menjadi 461 juta poundsterling di bulan November," pungkas McKevitt.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas