Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Desak China untuk Menahan Diri di Tengah Latihan Militer Taiwan: Kami akan Ikut Campur

Amerika Serikat desak China untuk menahan diri di tengah latihan militernya di wilayah Taiwan. Joe Biden bahkan mengancam akan ikut campur.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in AS Desak China untuk Menahan Diri di Tengah Latihan Militer Taiwan: Kami akan Ikut Campur
War on the Rocks
Patroli kapal fregat China. Militer China kembali menggertak Taiwan dengan menggelar latihan perang melibatkan empat kapal dan 57 pesawat tempur di perairan dekat Taiwan, Senin (9/1/2023). - Pejabat Departemen Luar Negeri AS mendesak China untuk tidak bereaksi berlebihan setelah kunjungan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat pekan lalu. 

TRIBUNNEWS.COM - China secara masif melakukan latihan militer angkatan laut hari kedua di sekitaran Taiwan.

Tindakan China disebut-sebut sebagai "peringatan keras" ke Taiwan setelah kunjungan Presiden Tsai Ing-wen ke Amerika Serikat pekan lalu.

Pihak Taiwan menyebut, lusinan jet tempur China telah melintas di sekitar pulau itu pada Minggu.

Dikutip dari BBC, operasi yang dijuluki "Pedang Bersama" oleh Beijing itu akan berlanjut hingga Senin.

Para pejabat Taiwan sangat marah akan tindakan operasi tersebut dan menuduh Beijing menggunakan alasan kunjungan Presiden sebagai "alasan untuk melakukan latihan militer, yang telah merusak perdamaian, stabilitas, dan keamanan di kawasan".

Atas kejadian tersebut, Pejabat Departemen Luar Negeri AS mendesak China untuk tidak bereaksi berlebihan terhadap pertemuan ini.

Baca juga: China Gelar Latihan Militer Hari Kedua, Taiwan Pantau Pergerakan Pasukan Roket Beijing

Seorang juru bicara departemen luar negeri mengatakan AS "memantau tindakan Beijing dengan cermat".

BERITA TERKAIT

Ia menegaskan, AS memiliki "sumber daya dan kemampuan yang cukup di kawasan untuk memastikan perdamaian dan stabilitas dan untuk memenuhi komitmen keamanan nasional kami".

Sementara itu, Presiden AS, Joe Biden mengancam Washington akan campur tangan jika China menyerang Taiwan.

Pada hari Sabtu, salah satu kapal China menembakkan peluru dari geladaknya saat berlayar di dekat pulau Pingtan, titik terdekat China ke Taiwan, lapor kantor berita Reuters.

Dewan Urusan Kelautan Taiwan, yang menjalankan Penjaga Pantai, mengeluarkan rekaman video yang menunjukkan salah satu kapalnya membayangi kapal perang China, meskipun tidak memberikan lokasi.

Kementerian Pertahanan Taiwan sudah menyiapkan rencana cadangan menghadapi tindakan China selama kunjungan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, ke luar negeri.
Kementerian Pertahanan Taiwan sudah menyiapkan rencana cadangan menghadapi tindakan China selama kunjungan Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, ke luar negeri. (Le Monde)

Baca juga: Parlemen AS Gelar Pertemuan dengan Bos Apple dan Disney, Bahas Persaingan dengan China

Dalam rekaman itu terdengar seorang pelaut memberi tahu kapal China melalui radio: "Anda benar-benar merusak perdamaian, stabilitas, dan keamanan regional. Harap segera berbalik dan pergi. Jika Anda terus melanjutkan, kami akan mengambil tindakan pengusiran."

Rekaman lain menunjukkan kapal perang Taiwan, Di Hua, menemani kapal Penjaga Pantai dalam apa yang disebut petugas Penjaga Pantai sebagai "kebuntuan" dengan kapal China.

Sementara latihan China berakhir saat matahari terbenam pada Sabtu malam, para pejabat pertahanan di Taipei mengatakan kepada Reuters bahwa serangan jet tempur dimulai lagi pada Minggu pagi.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas