Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Brasil: AS Pasok Senjata ke Ukraina untuk Dorong Perang dengan Rusia

Presiden Brasil Lula da Silva mengatakan, AS memasok senjata ke Ukraina untuk dorong perang dengan Rusia. AS membantah dan sebut itu propaganda Rusia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Presiden Brasil: AS Pasok Senjata ke Ukraina untuk Dorong Perang dengan Rusia
EVARISTO SA / AFP
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva berbicara selama pertemuan tingkat menteri untuk merayakan 100 hari pertama pemerintahannya di Istana Planalto di Brasilia pada 10 April 2023. - Presiden Brasil Lula da Silva mengatakan AS dan negara Barat sengaja memasok senjata untuk mendorong perang di Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyatakan Amerika Serikat (AS) dan sekutu Barat-nya telah mendorong perang dengan mempersenjatai Ukraina untuk melawan Rusia.

"Amerika Serikat perlu berhenti mendorong perang dan mulai berbicara tentang perdamaian," kata Lula kepada wartawan, Sabtu (15/4/2023).

"Uni Eropa harus memulai pembicaraan damai, sehingga kami bisa meyakinkan Putin dan Zelensky bahwa perdamaian adalah kepentingan semua orang, karena perang selama ini hanya menarik bagi mereka berdua," lanjutnya.

Komentar itu muncul tidak lama setelah Lula da Silva kembali dari China, di mana dia membahas perang Rusia-Ukraina dengan Presiden China, Xi Jinping.

Komentar Lula da Silva ini menuai kritik dari Amerika Serikat, yang menyebut Presiden Brasil itu menyuarakan propaganda Rusia dan China, seperti diberitakan Reuters.

Baca juga: 25.000 Tentara Rusia dalam Siaga Tinggi di Laut Pasifik untuk Latihan Taktis

Tanggapan AS dan Sekutunya

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan komentar Lula sebagai hal yang salah arah dan meleset dari sasaran.

BERITA TERKAIT

Komentar Presiden Lula da Silva menyusul inisiatif pemerintah Brasil, yang mengajukan diri sebagai mediator antara Rusia dan Ukraina.

Sejauh ini di antara negara-negara Barat, hanya Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menyambut inisiatif perdamaian dari Presiden Lula.

Seruan Brasil untuk menghentikan pasokan senjata ke Ukraina tidak diterima dengan baik di antara sebagian besar diplomat.

"Seruan ini membunyikan alarm bahaya," kata seorang duta besar Eropa di Brasilia, dikutip dari BBC Internasional.

Kementerian Pertahanan Inggris membuat dokumenter 30 menit di YouTube The Ministry of Defence saat Ukraina menyelesaikan latihan militernya untuk tank Challenger 2 di Inggris. Foto tak bertanggal ini dipublikasikan pada 11 April 2023 oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.
Kementerian Pertahanan Inggris membuat dokumenter 30 menit di YouTube The Ministry of Defence saat Ukraina menyelesaikan latihan militernya untuk tank Challenger 2 di Inggris. Foto tak bertanggal ini dipublikasikan pada 11 April 2023 oleh Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina. (General Staff of the Armed Forces of Ukraine)

Baca juga: Grup Wagner Sudah Kepung Kota Bakhmut Dari Berbagai Arah, Pasukan Ukraina Semakin Terpojok

Ukraina akan Kalah jika Tak Punya Senjata

Seorang duta besar Eropa di Brasilia, mengatakan, mengakhiri pasokan senjata untuk Ukraina sama saja dengan memihak Rusia.

"Ini adalah perang agresi dan pertahanan. Jika mereka tidak memiliki senjata, Ukraina kehilangan hak untuk membela diri," katanya, yang minta namanya dirahasiakan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas