Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Dipastikan Hadiri Pertemuan KTT G7 di Hiroshima Jepang 19 - 21 Mei 2023

Noriyuki Shikata juga melihat pentingnya Indonesia hadir di pertemuan Hiroshima itu karena saat ini sebagai Ketua ASEAN.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Presiden Jokowi Dipastikan Hadiri Pertemuan KTT G7 di Hiroshima Jepang 19 - 21 Mei 2023
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Noriyuki Shikata, Kepala Humas Sekretaris Kabinet PM Jepang memastikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir pada pertemuan KTT G7 di Hiroshima Jepang yang akan berlangsung pada 19 Mei hingga 21 Mei 2023. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir pada pertemuan KTT G7 di Hiroshima Jepang yang akan berlangsung pada 19 Mei hingga 21 Mei 2023.

"Kita sudah konfirmasi dan dipastikan semua tamu yang kami undang akan datang pada saat KTT G7 di Hiroshima mendatang, termasuk Presiden Jokowi dari Indonesia," ungkap Noriyuki Shikata, Kepala Humas Sekretaris Kabinet PM Jepang khusus kepada Tribunnews.com, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Presiden Amerika Serikat Joe Biden Akan Kunjungi Papua Nugini Usai Hadiri KTT G7 di Jepang

Noriyuki Shikata juga melihat pentingnya Indonesia hadir di pertemuan Hiroshima itu karena saat ini sebagai Ketua ASEAN.

"Indonesia yang baru saja melakukan pertemuan para pimpinan ASEAN itu sangat lah penting bagi Jepang, apalagi sebagai pimpinan ASEAN saat ini," ujarnya.

Noriyuki Shikata mengatakan Jepang juga akan menyinggung mengenai Asia Energy Transition Initiative yang difokuskan bantuan Jepang kepada khususnya negara-negara di Asia Tenggara.

"Masih ada pula sepuluh isu yang ingin dibicarakan untuk kerja sama dengan ASEAN nantinya di saat pertemuan di Hiroshima seperti lungkungan hidup serta Free and Open Indo Pacific (FOIP)," ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI

Perhatian Jepang kepada ASEAN sangatlah besar dan menganggap sebagai bagian yang sangat melekat sangat dekat serta sangat penting bagi Jepang.

Baca juga: Ada KTT G7 di Jepang, Berbagai Acara Besar dan Sofbol Carp di Hiroshima Ditunda Demi Pengamanan

Di samping itu Shikata juga melihat kesempatan di Hiroshima sebagai kerja sama yang lebih baik lagi bagi dunia untuk semakin memperkuat kesepakatan perdamaian bersama mengikuti nilai-nilai hukum internasional, berdasarkan kebebasan demokrasi, hak asasi manusia dan rule of law internasional yang disepakati bersama.

"Untuk FOIP sendiri Jepang menyiapkan 100 juta USD sebagai Integration Fund. Lalu juga memobilisasi 75 miliar USD untuk swasta di kawasan Indo Pacific khususnya bidang indrastruktur tahun 2030," ujarnya.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas