Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setelah Video 2 Wanita di India Diarak Telanjang Viral, Picu Kemarahan Nasional, 4 Orang Ditangkap

Sebuah video yang menunjukkan dua wanita ditelanjangi dan diarak telah memicu kemarahan di India. Setelahnya, polisi menangkap empat orang.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Setelah Video 2 Wanita di India Diarak Telanjang Viral, Picu Kemarahan Nasional, 4 Orang Ditangkap
AFP
Wanita memegang plakat selama demonstrasi kekerasan seksual terhadap wanita dan untuk perdamaian dalam kekerasan etnis yang sedang berlangsung di negara bagian Manipur, India timur laut, di Imphal pada 21 Juli 2023. Polisi India telah menangkap empat pria yang dituduh mengarak dua wanita telanjang di depan massa di negara bagian timur laut di mana kekerasan etnis berbulan-bulan telah menewaskan sedikitnya 120 orang. 

TRIBUNNEWS.COM - Polisi India berhasil menangkap empat orang atas kasus dua wanita yang ditelanjangi dan diarak di depan umum.

Kedua wanita tersebut diduga juga telah diperkosa ramai-ramai di negara bagian Manipur, India.

Setelah video dua wanita telanjang ini viral, menimbulkan kemarahan nasional.

Dikutip dari The Guardian, penangkapan pelaku terjadi pada Kamis (20/7/2023), sehari setelah rekaman tersebut memicu kemarahan nasional.

Polisi mengatakan akan ada lebih banyak penangkapan dalam waktu dekat.

Polisi mendapat kecaman setelah terungkap bahwa penyerangan terhadap perempuan yang merupakan suku minoritas Kuki itu terjadi pada awal Mei.

Baca juga: Diduga Aniaya Gadis 10 Tahun, Pilot di India dan Suaminya Ditarik Keluar Rumah dan Dikeroyok Massa

Meskipun kasus polisi diajukan pada saat itu, tidak ada tindakan yang diambil selama lebih dari 70 hari sampai video tersebut menjadi viral dan pihak berwenang ditekan untuk bertindak.

BERITA REKOMENDASI

Salah satu perempuan dalam video itu menuduh polisi telah menyerahkan mereka kepada massa yang melakukan kekerasan, yang mayoritas adalah suku Meitei.

Setelah berita penangkapan tersiar, sekelompok perempuan di daerah setempat – juga dari suku Meitei – mendatangi rumah salah satu tersangka.

Ratusan wanita juga berkumpul di ibu kota negara bagian Manipur pada hari Jumat untuk memprotes kekerasan yang terekam dalam video tersebut.

Video tersebut juga menarik perhatian publik terhadap kekerasan yang dialami anggota komunitas minoritas Kuki, khususnya perempuan, sejak konflik etnis pecah di Manipur pada awal Mei.

Baca juga: 4 Orang Ditangkap Terkait 2 Wanita Diarak Tanpa Busana di India, Ada Kemungkinan Hadapi Hukuman Mati

Lebih dari 140 orang telah tewas dalam kekerasan tersebut, sebagian besar dari suku Kuki.

Sementara 60.000 orang telah mengungsi karena negara pada dasarnya terpecah menjadi garis etnis, dengan suku Meitei menguasai lembah-lembah dan Kukis menguasai wilayah di perbukitan.

Kronologi Kejadian

Cuplikan video 2 wanita India dari suku Kuki-Zo diarak tanpa busana oleh massa yang merupakan anggota suku Meitei. Insiden mengerikan ini terjadi di desa B. Phainom, di distrik Kangpokpi, negara bagian Manipur, India, pada 4 Mei 2023. Video itu viral pada Rabu (19/7/2023), demonstran turun ke jalan pada 20 Juli 2023 dan meminta pemerintah India segera mengatasi tindak kekerasan dan pelecehan seksual, terutama kekerasan etnis.
Cuplikan video 2 wanita India dari suku Kuki-Zo diarak tanpa busana oleh massa yang merupakan anggota suku Meitei. Insiden mengerikan ini terjadi di desa B. Phainom, di distrik Kangpokpi, negara bagian Manipur, India, pada 4 Mei 2023. Video itu viral pada Rabu (19/7/2023), demonstran turun ke jalan pada 20 Juli 2023 dan meminta pemerintah India segera mengatasi tindak kekerasan dan pelecehan seksual, terutama kekerasan etnis. (MirrorUk)
Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas