Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KBRI Kairo : Pengeroyokan Mahasiswa asal Indonesia yang Dilakukan WNI Terjadi Pascaturnamen Futsal

KBRI Kairo menyatakan telah menyampaikan kecaman keras atas tindakan kekerasan yang telah terjadi dalam segala bentuknya dengan alasan apapun

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in KBRI Kairo : Pengeroyokan Mahasiswa asal Indonesia yang Dilakukan WNI Terjadi Pascaturnamen Futsal
WARTA KOTA
Ilustrasi pengeroyokan - KBRI Kairo tidak membantah terjadinya tindak kekerasan yang dilakukan sejumlah oknum di kalangan pelajar atau mahasiswa Indonesia di Mesir 

Laporan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, KAIROKBRI Kairo tidak membantah terjadinya tindak kekerasan yang dilakukan sejumlah oknum di kalangan pelajar atau mahasiswa Indonesia di Mesir.

Aksi kekerasan fisik dan verbal pascaturnamen futsal Cordoba Cup melibatkan oknum pelajar/mahasiswa Indonesia dari berbagai kekeluargaan termasuk dari KSW (Kelompok Studi Walisongo, asal Jateng dan DIY) dan KKS (Kerukunan Keluarga Sulawesi) di daerah Gamaleya, Kairo, Mesir.




"KBRI Kairo menyampaikan rasa keprihatinan yang sangat mendalam atas terjadinya aksi kekerasan fisik dan verbal pascaturnamen futsal Cordoba Cup," tulis pernyataan yang dikeluarkan hari Minggu (23/7/2023).

KBRI Kairo menyatakan telah menyampaikan kecaman keras atas tindakan kekerasan yang telah terjadi dalam segala bentuknya dengan alasan apa pun.

Tidak disebutkan secara gamblang kronologi kejadian pengeroyokan tersebut namun KBRI Kairo memastikan bahwa sudah ada langkah-langkah yang dilakukan dengan cara bermusyawarah untuk menyelesaikan kejadian ini.

Baca juga: KBRI Kairo: Mesir Hub Perdagangan Penjuru Dunia

"KBRI Kairo telah berusaha sejak awal melakukan pertemuan dengan pihak-pihak yang terlibat dalam mencari jalan keluar masalah melalui cara-cara musyawarah dan sekaligus menempuh penyelesaian melalui proses hukum," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Kekerasan ini diketahui ternyata tidak hanya terjadi sekali di antara sesama mahasiswa Indonesia di yang berkuliah di Universitas Al-Azhar.

Dalam pernyataan lanjutan, terdapat laporan korban kekerasan yang juga dialami sebelumnya oleh anggota kekeluargaan lainnya dengan pelaku oknum dari kekeluargaan yang sama. 

Kesepakatan tersebut dinilai tidak akan menyelesaikan masalah dan dianggap tidak menghasilkan efek jera bagi pelaku dalam upaya memutus mata rantai kekerasan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Mesir. 

Mereka menekankan perlunya penyelesaian masalah melalui jalur hukum.

KBRI menyatakan telah mendampingi korban untuk melaporkan kasus mereka ke pihak kepolisian Mesir di wilayah tempat kejadian perkara (TKP) pada Jumat, 14 Juli 2023 dinihari hingga subuh. 

Pihak kepolisian setempat menyampaikan siap memproses laporan korban dan memberikan pandangan bahwa akan terdapat mekanisme dan prosedur yang harus ditempuh oleh pelapor maupun terlapor dalam proses penyelidikan dan penyidikan.

Dalam upaya melanjutkan proses hukum dan menjamin kepastian perlindungan kepada korban, KBRI Kairo juga telah berkoordinasi dengan National Security (NS) Mesir sebagai pemangku kewenangan dalam menangani masalah hukum warga negara asing. 

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas