Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jack Ma Hingga Qin Gang, Para Tokoh Elite China yang Hilang Misterius dan 'Tenggelam' Saat Muncul

Hilangnya Qin Gang punya kemiripan pola dari para tokoh elite negara tersebut yang juga mengalami hal yang sama, dijatuhkan saat tengah bersinar.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Jack Ma Hingga Qin Gang, Para Tokoh Elite China yang Hilang Misterius dan 'Tenggelam' Saat Muncul
NOEL CELIS / AFP
(FILES) Menteri Luar Negeri China Qin Gang melambai saat dia tiba untuk konferensi pers di Pusat Media Kongres Rakyat Nasional (NPC) di Beijing pada 7 Maret 2023. Menteri luar negeri China Qin Gang dicopot dari jabatannya pada 25 Juli 2023, lapor media pemerintah, setelah tidak terlihat di mata publik selama sebulan. 

Dari Jack Ma Hingga Qin Gang, Para Tokoh Elite China yang Hilang Misterius dan Jadi Kalem Saat Muncul

TRIBUNNEWS.COM - Sosok Qin Gang, mantan menteri luar negeri China menambah daftar para tokoh elite China yang menghilang secara misterius tetapi kemudian muncul kembali secara kalem.

Hilangnya Qin Gang dari publik yang diikuti oleh pergantian posisi menteri luar negeri, punya kemiripan pola dari para tokoh elite negara tersebut yang juga mengalami hal yang sama, dijatuhkan saat tengah bersinar lalu kemudian 'tenggelam' saat kembali muncul ke publik.

Qin Gang, mantan menteri luar negeri China, secara resmi digantikan oleh Wang Yi, diplomat papan atas China, dalam sebuah reshuffle dadakan.

Baca juga: China Bangun 3 Juta BTS 5G dalam 3 Bulan, Amerika Cuma Mampu Bikin 100 Ribu dalam 2 Tahun

Perombakan mendadak itu dilakukan pada Selasa (25/7/2023) saat Kongres Rakyat Nasional China mengadakan pertemuan.

Hasilnya, pertemuan tersebut menyatakan bahwa Qin dicopot sebagai menteri luar negeri, yang membuat karier mantan bintang Partai Komunis China (PKC) yang sedang naik daun itu, terhenti.

Pencopotan Qin Gang yang juga penasihat dekat Xi Jinping, pemimpin China, terjadi setelah yang besangkutan hilang dari publik secara misterius selama sebulan.

BERITA REKOMENDASI

Dilaporkan, Qin Gang absen pada acara resmi apa pun sejak 25 Juni.

Tidak ada penjelasan resmi yang diberikan pihak otoritas China selain menyebut kalau ketidakmunculan Qin Gang itu karena alasan kesehatan.

Faktanya, setelah Kongres Rakyat Nasional China menggelar rapat, Qin Gang dilaporkan tetap berada di Dewan Negara, badan administrasi tertinggi China, hal yang menambah pertanyaan seputar nasibnya.

Amy Hawkins, koresponden senior The Guardian di China menganalisis, keberadaan Qin di Dewan Negara, diyakini menunjukkan kalau dia dia belum sepenuhnya 'dihabisi'.

Meski begitu, Qin Gang kini bergabung dengan jajaran elite China yang menghilang tanpa penjelasan yang terang.

Berikut daftarnya:

Hu Jintao

Rekaman baru dari kongres Partai Komunis memicu pertanyaan tentang mengapa Hu Jintao dibawa keluar dari ruangan.
Rekaman baru dari kongres Partai Komunis memicu pertanyaan tentang mengapa Hu Jintao dibawa keluar dari ruangan. (Tangkap Layar The Guardian)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas