Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Vladimir Putin Hadiri Hari Angkatan Laut Rusia di St. Peterburg: Kami akan Dapat 30 Kapal Baru

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri Hari Angkatan Laut Rusia di St. Peterburg kemarin. Ia mengatakan Rusia akan dapat 30 kapal baru tahun ini.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Vladimir Putin Hadiri Hari Angkatan Laut Rusia di St. Peterburg: Kami akan Dapat 30 Kapal Baru
AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin dan beberapa pemimpin Afrika menghadiri parade Hari Angkatan Laut di Saint Petersburg, Rusia, pada 30 Juli 2023. Putin mengatakan, Rusia akan menerima 30 kapal baru pada tahun ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, melihat kapal perang dan kapal selam nuklir di St. Peterburg, Rusia, pada Hari Angkatan Laut Rusia, Minggu (30/7/2023).

Vladimir Putin mengatakan, Rusia akan menerima 30 kapal baru pada tahun 2023 ini.

Presiden Rusia, didampingi Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Angkatan Laut Laksamana Nikolai Yevmenov, memeriksa beberapa kapal dari kapal peluncuran di Neva sebelum berpidato.

Dalam pidatonya, Vladimir Putin memuji angkatan laut Rusia.

"Atas nama Rusia, para pelaut kami memberikan seluruh kekuatan mereka, menunjukkan kepahlawanan sejati dan berjuang dengan gagah berani, seperti nenek moyang kita yang hebat," kata Vladimir Putin.

“Hari ini, Rusia dengan percaya diri menerapkan elemen utama dari kebijakan maritim nasionalnya dan secara konsisten membangun kekuatan angkatan lautnya,” tambahnya, seperti diberitakan The Moscow Times.

Baca juga: Rutin Hubungi Komandan Militer, Vladimir Putin Ungkap Perannya di Perang Rusia-Ukraina

Sejumlah 45 kapal, perahu dan kapal selam ikut serta dalam pawai bersama dengan sekitar 3.000 prajurit.

BERITA REKOMENDASI

Beberapa pemimpin dan perwakilan negara-negara Afrika termasuk Mali dan Burkina Faso menghadiri pawai pada hari Minggu (30/7/2023).

Pawai Kapal di Hari Angkatan Laut Rusia

Kapal perang Armada Laut Hitam Rusia mengikuti perayaan Hari Angkatan Laut di kota pelabuhan Novorossiysk pada 30 Juli 2023. STRINGER/AFP
Kapal perang Armada Laut Hitam Rusia mengikuti perayaan Hari Angkatan Laut di kota pelabuhan Novorossiysk pada 30 Juli 2023. STRINGER/AFP (STRINGER/AFP)

Baca juga: Vladimir Putin Sebut Rusia Mau Bicara Damai Tapi Ada Hal Yang Sulit Diterapkan

Angkatan Laut Rusia memamerkan sejumlah kapal saat pawai pada Hari Angkatan Laut Rusia pada 30 Juli 2023.

Vladimir Putin menyapa awak kapal rudal kecil Zelyony Dol dan Burya, kapal selam Sankt Peterburg, fregat Neustrashimy, dan kapal selam Velikiye Luki.

Kapal perang Poltava memimpin parade kapal layar di jangkar, seperti diberitakan laman resmi Layanan Pers Kremlin.

Kapal-kapal yang ikut pawai termasuk kapal kontrateror P-468, P-474, dan Nakhimovets; kapal patroli kelas Raptor Yevgeny Kolesnikov dan P-436, kapal kontrateror Yunarmeyets Dagestana, kapal penyapu ranjau pangkalan Pavel Khenov, dan kapal peluru kendali Uglich dan Sovetsk.

Pelaut dan marinir berparade saat perayaan Hari Angkatan Laut di kota pelabuhan Novorossiysk pada 30 Juli 2023. STRINGER / AFP
Pelaut dan marinir berparade saat perayaan Hari Angkatan Laut di kota pelabuhan Novorossiysk pada 30 Juli 2023. STRINGER / AFP (STRINGER / AFP)

Baca juga: Parade Militer Korea Utara: Kantor Kim Jong-Un Berhias Foto Raksasa Putin, Rudal Bisa Jangkau AS

Ada 11 kapal Angkatan Laut dan Dinas Keamanan Federal terlibat dalam pawai di Teluk Finlandia, bersama dengan kapal selam diesel-listrik Ufa.

Ketika kapal selam Dmitrov berlabuh di Large Kronstadt Roadstead, terlihat kapal peluru kendali Mytishchi, korvet Boiky, kapal layar Mir, dan Bark Sedov yang juga dipamerkan.

Pawai diakhiri dengan pawai resimen seremonial di Lapangan Senat, yang menampilkan taruna serta anak pelaut dari gerakan Tentara Muda.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas