Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beredar Foto Tentara Wagner di Perbatasan Belarusia dan Polandia, Bikin Situasi Makin Panas

sebuah foto muncul di media sosial yang menggambarkan seorang prajurit Wagner di perbatasan Belarusia dengan Polandia.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Beredar Foto Tentara Wagner di Perbatasan Belarusia dan Polandia, Bikin Situasi Makin Panas
Omar Marques/Getty
Seorang tentara berdiri di dekat tembok logam yang dibangun di perbatasan Polandia-Belarusia pada 08 Juli 2023 di Bialowieza, Polandia. Pemerintah Polandia baru-baru ini mengumumkan pengiriman 500 polisi kontraterorisme ke perbatasan dengan Belarusia di tengah laporan bahwa pasukan Grup Wagner dipindahkan ke Belarusia. 

Bikin Situasi Makin Panas, Beredar Foto Anggota Wagner di Perbatasan Belarusia dan Polandia

TRIBUNNEWS.COM - Kekhawatiran negara-negara NATO meningkat setelah muncul laporan yang menyebut anggota kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, berada di Belarusia menuju perbatasan dengan Polandia.

Diketahui, ribuan tentara bayaran Wagner dilaporkan telah pindah ke Belarusia, sebagai konsekuensi dari pemberontakan yang dipimpin sang bos, Yevgeny Prigozhin pada Juni silam.

Pemberontakan Wagner tersebut bisa diredam, Rusia mengampuni mereka dengan syarat para tentara bayaran harus 'diasingkan' ke Belarusia.

Baca juga: Bos Wagner Olok-olok AS yang PDKT ke Junta Militer Niger: Kemarin Tak Akui Sekarang Malah Bertemu

Keberadaan Wagner di Belarusia justru memicu kecemasan negara tetangga, Polandia yang merupakan anggota NATO.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada Juli lalu memperingatkan kalau Grup Wagner bisa saja merencanakan "serangan campuran" terhadap negaranya.

Alarm dari Morawiecki  itu menyusul laporan kalau sekitar 100 tentara Wagner bergerak di dekat Celah Suwałki.

BERITA TERKAIT

Suwalki Gap atau Celah Suwalki merupakan sebidang tanah di sepanjang perbatasan Polandia dan Lituania yang memisahkan Belarusia ke timur dari eksklaf Rusia di Kaliningrad ke barat.

Di tengah ketegangan ini, sebuah foto muncul di media sosial yang menggambarkan seorang prajurit Wagner di perbatasan Belarusia dengan Polandia.

Sebuah unggahan di saluran Telegram pro-Rusia Penetrator Topaz, di-posting pada 2 Agustus 2023, memperlihatkan seseorang berseragam, mengenakan PMC Wagner dan badge bendera Rusia berpose di pos pemeriksaan perbatasan Polandia.

Gambar itu juga dibagikan di Twitter.

News Feed @clashreport mengunggah foto tersebut pada 2 Agustus 2023, dan telah dilihat 120.000 kali, dengan keterangan: "Sebuah foto anggota PMC Wagner di perbatasan dengan Polandia beredar di Internet."

Foto Asli Atau Editan?

Newsweek menyebut, gambar tidak seperti yang terlihat karena beberapa alasan.

Foto tersebut tampaknya merupakan manipulasi dari gambar lain yang menunjukkan seseorang dengan tambalan (badge) berbeda (ditemukan di Imgur via Reddit).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas