Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Warga Jepang Pelaku Penipuan Ditangkap di Kamboja, Hari Ini Tiba di Bandara Haneda Tokyo

Kepolisian Jepang menangkap Shigeru Sato (55) dan Hiroki Ito (48) yang diduga telah melakukan penipuan terhadap seorang pria di Prefektur Saga.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Dua Warga Jepang Pelaku Penipuan Ditangkap di Kamboja, Hari Ini Tiba di Bandara Haneda Tokyo
Foto Kyodo
Kepolisian Jepang menangkap Shigeru Sato (55) dan Hiroki Ito (48) yang diduga telah melakukan penipuan terhadap seorang pria di Prefektur Saga. Shigeru Sato ditahan kepolisian begitu turun dari pesawat di Bandara Haneda Tokyo, Rabu (16/8/2023). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kepolisian Jepang menangkap Shigeru Sato (55) dan Hiroki Ito (48) yang diduga telah melakukan penipuan terhadap seorang pria di Prefektur Saga.

"Dua tersangka dari kelompok Jepang yang dicurigai terlibat dalam penipuan khusus ditahan oleh otoritas lokal saat mereka berada di sebuah hotel di Kamboja utara. Keduanya dipindahkan ke Jepang dan mendarat pagi hari ini (16/8/2023) di Bandara Haneda," ungkap sumber Tribunnews.com di Kepolisian Jepang, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Viral Warga Muaro Jambi Ramai-ramai Tangkap 3 WNA Penipuan Bisnis Sarang Walet dan Obat Herbal

Kedua tersangka meninggalkan ibu kota Kamboja Phnom Penh pada Selasa (15/8/2023) sore.

Keduanya kemudian dipindahkan melalui Bangkok, Thailand dan tiba di Bandara Haneda, Rabu (16/8/2023) pagi.

Pada bulan Mei, keduanya ditahan oleh otoritas lokal Kamboja bersama dengan lima orang Jepang lainnya di sebuah hotel dekat Anlong Ben, sebuah kota perbatasan dengan Thailand di Kamboja utara.

Kepolisian Jepang menangkap Shigeru Sato (55) dan Hiroki Ito (48) yang diduga telah melakukan penipuan terhadap seorang pria di Prefektur Saga. Shigeru Sato ditahan kepolisian begitu turun dari pesawat di Bandara Haneda Tokyo, Rabu (16/8/2023).
Kepolisian Jepang menangkap Shigeru Sato (55) dan Hiroki Ito (48) yang diduga telah melakukan penipuan terhadap seorang pria di Prefektur Saga. Shigeru Sato ditahan kepolisian begitu turun dari pesawat di Bandara Haneda Tokyo, Rabu (16/8/2023). (Foto Kyodo)

Setelah menerima informasi dari kedutaan Jepang setempat, polisi Jepang mengkonfirmasi bukti seperti ponsel dan komputer yang disita dari kamar hotel, dan menemukan bahwa itu terkait dengan korban penipuan khusus dengan kerugian uang tunai di Jepang.

BERITA TERKAIT

Polisi akan memindahkan keduanya ke kantor polisi di Prefektur Saga untuk melakukan penyelidikan, dan akan mengklarifikasi rincian penipuan khusus dan situasi sebenarnya dari kelompok tersebut.

Shigeru Sato adalah seorang pengangguran dari Daerah Taito, Tokyo.

Baca juga: Indonesia Fintech Society Waspadai Penipuan di Dunia Digital, Modus Makin Canggih dan Beragam

Sementara Hiroki Ito seorang pengangguran dengan alamat yang tidak diketahui.

Baru-baru ini, kelompok penipuan khusus yang berbasis di luar negeri telah terungkap.

Di Kamboja, 19 orang Jepang yang diyakini sebagai kelompok penipuan khusus yang berbasis di daerah resor selatan telah terungkap pada bulan April tahun ini.

Sekitar 16 April, seorang pria berusia 40-an yang tinggal di Kota Tosu, Prefektur Saga, ditangkap karena dicurigai melakukan penipuan uang tunai 200.000 yen ke rekening banknya pada 9 Mei dengan menawarkan transaksi valuta asing kepada korban.

Sementara itu bagi para pecinta Jepang dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas