Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Laporan Intelijen AS: Serangan Balasan Ukraina ke Rusia akan Gagal, Cuma Ajang Pertunjukan Zelensky

Assessment CIA atas upaya Ukraina itu meyakini kalau pasukan Kiev akan gagal melaju ke bagian selatan menuju Semenanjung Krimea pada akhir tahun ini.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Laporan Intelijen AS: Serangan Balasan Ukraina ke Rusia akan Gagal, Cuma Ajang Pertunjukan Zelensky
STRINGER / AFP
Pemandangan yang diambil pada 14 Oktober 2022 menunjukkan Jembatan Kerch yang menghubungkan Krimea ke Rusia, dekat Kerch, yang terkena ledakan pada 8 Oktober 2022. Jembatan simbolis yang diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 2018, secara logistik sangat penting bagi Moskow , jaringan transportasi penting untuk membawa peralatan militer ke tentara Rusia yang bertempur di Ukraina. STRINGER / AFP 

Laporan Intelijen AS: Serangan Balasan Ukraina ke Rusia akan Gagal,

TRIBUNNEWS.COM - Badan intelijen Amerika Serikat (CIA) dilaporkan membuat penilaian "suram" atas serangan balasan Ukraina ke kantung pendudukan Rusia yang sedang berlangsung.

Assessment CIA atas upaya Ukraina itu meyakini kalau pasukan Kiev akan gagal melaju ke bagian selatan menuju Semenanjung Krimea pada akhir tahun ini.




Laporan itu diungkap Washington Post dalam sebuah pemberitaan yang menyebut para pejabat terkait memiliki keraguan besar tentang misi Ukraina.

Baca juga: Cegah Rudal Storm Shadow Meluncur ke Krimea, Rusia Bombardir Pangkalan Udara Militer Ukraina 

Hal itu, kata Washington Post, tertuang dalam laporan intel rahasia, yang isinya diteruskan ke media tersebut Kamis (17/8/2023).

Laporan yang bocor ke media itu mengutip "kemampuan brutal" Moskow dalam mempertahankan wilayah yang direbut dari Ukraina.

“Komunitas intelijen AS menilai bahwa serangan balik Ukraina akan gagal mencapai kota utama Melitopol di tenggara,” kata laporan itu.

BERITA TERKAIT

Laporan, menambahkan bahwa Kiev kemudian tidak akan dapat “memenuhi tujuan utamanya untuk memutuskan jembatan darat Rusia ke Krimea dalam serangan balasan tahun ini. ”

Semenanjung Krimea telah berada di bawah kendali Moskow sejak penduduknya memilih untuk bergabung kembali dengan Rusia pada tahun 2014.

Pun, para pejabat Ukraina berulang kali berjanji untuk merebut kembali wilayah itu secara paksa, bersikeras bahwa itu adalah wilayah kedaulatan Ukraina.

Dalam rencana Kiev untuk merebut kembali Krimea, Kota Melitopol dilaporkan akan memainkan peran penting sebagai salah satu pusat kota terbesar di dekat pantai Laut Azov.

Merebut kota tersebut dapat memberikan pasukan Ukraina area persiapan untuk serangan lebih lanjut di semenanjung itu sendiri.

Sebagai catatan Ukraian memang telah menargetkan sejumlah fasilitas Rusia di wilayah Semenanjung Krimea beberapa bulan belakangan.

Dalam foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh layanan pers Kepresidenan Ukraina pada 28 Juli 2023, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) menjadi perhatian saat ia mengambil bagian dalam upacara Hari Kenegaraan Ukraina yang menandai peringatan 30 tahun kemerdekaan Ukraina, di tengah Invasi Rusia ke Ukraina. Selebaran / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINA / AFP
Dalam foto selebaran yang diambil dan dirilis oleh layanan pers Kepresidenan Ukraina pada 28 Juli 2023, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) menjadi perhatian saat ia mengambil bagian dalam upacara Hari Kenegaraan Ukraina yang menandai peringatan 30 tahun kemerdekaan Ukraina, di tengah Invasi Rusia ke Ukraina. Selebaran / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINA / AFP (Selebaran / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINA / AFP)

Omong Kosong Zelensky

Laporan Washington Post ini meneruskan hasil liputan investigasi reporter  mereka, Seymour Hersh terkait tingkat keberhasilan serangan balasan Ukraina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas