Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belanda dan Denmark akan Kirim Jet F-16 ke Ukraina setelah Melatih Pilot

Belanda dan Denmark akan mengirim jet F-16 ke Ukraina setelah pilot Ukraina menyelesaikan latihannya. AS setujui anggota NATO kirim jet F-16.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nuryanti
zoom-in Belanda dan Denmark akan Kirim Jet F-16 ke Ukraina setelah Melatih Pilot
Volodymyr ZELENSKY / LAYANAN PERS PRESIDEN UKRAINA / AFP
Dalam foto yang dirilis Layanan Pers Kepresidenan Ukraina pada 20 Agustus 2023 ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) berswafoto dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan) saat berkunjung ke Pangkalan Udara Militer Eindhoven di Eindhoven. 

TRIBUNNEWS.COM - Belanda dan Denmark akan mengirim jet temput F-16 ke Ukraina setelah pilot Ukraina menyelesaikan latihan mereka.

Kabar ini disampaikan oleh Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen dan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte saat kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di dua negara itu.

“Hari ini kami dapat mengumumkan bahwa Belanda dan Denmark berkomitmen untuk mentransfer pesawat F-16 ke Ukraina dan angkatan udara Ukraina,” kata Mark Rutte pada konferensi pers bersama dengan presiden Ukraina di sebuah pangkalan udara di Eindhoven, Belanda, Minggu (20/8/2023).

Jet F-16 itu akan dikirim dari stok yang ada setelah kondisi untuk transfer telah terpenuhi.

Belanda tidak menyebut jumlah sumbangan jet F-16 ke Ukraina, tapi mengatakan mereka memiliki 42 angkatan udara.

Mark Rutte mengatakan, jumlah jet F-16 yang diberikan kepada Ukraina akan diselesaikan setelah pembicaraan dengan sekutu, lapor The Guardian.

Baca juga: Serangan Balasan Gagal Total, 43.000 Tentara Gugur, Ini 3 Opsi yang Mungkin Bakal Dilakukan Ukraina

Presiden Zelensky menyambut kabar ini dengan bahagia.

BERITA REKOMENDASI

Ia mengunggah fotonya bersama Mark Rutte di depan jet F-16.

"Saya telah mencapai kesepakatan untuk memperkuat perisai udara Ukraina," kata Zelensky.

Meski Belanda tidak menyebut jumlah jet F-16 untuk Ukraina, Presiden Zelensky mengatakan akan mendapat 42 jet F-16 dari Belanda.

“Mark Rutte dan saya mencapai kesepakatan tentang jumlah F-16 yang akan ditransfer ke Ukraina setelah pilot dan insinyur kami menyelesaikan pelatihan mereka,” tulisnya.

“42 jet. Dan ini baru permulaan,” tambahnya.

Denmark akan Kirim 19 Jet F-16 ke Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen berjabat tangan pada konferensi pers di depan jet tempur F-16 di hanggar Pangkalan Udara Skrydstrup di Vojens, Denmark utara, pada 20 Agustus 2023.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen berjabat tangan pada konferensi pers di depan jet tempur F-16 di hanggar Pangkalan Udara Skrydstrup di Vojens, Denmark utara, pada 20 Agustus 2023. (SERGEI GAPON / AFP)

Baca juga: Drone Ukraina Serang Empat Wilayah Rusia, Lima Orang Dikabarkan Luka-luka

Pada Minggu (20/8/2023), Zelensky juga melakukan perjalanan ke pangkalan udara Skrydstrup Denmark dan disambut oleh Perdana Menteri Mette Frederiksen.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas