Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bertemu Presiden Macron, Jokowi Minta Prancis Dukung Indonesia Jadi Anggota OECD

Gelar pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela sela KTT G20, Jokowi apresiasi investasi Prancis pada sektor strategis.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Bertemu Presiden Macron, Jokowi Minta Prancis Dukung Indonesia Jadi Anggota OECD
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela sela KTT G20, di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu waktu setempat, (9/9/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela sela KTT G20, di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu waktu setempat, (9/9/2023).

Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi mengapresiasi investasi Prancis pada sektor strategis di Indonesia.

“(Terkait) investasi di sektor strategis saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia telah bawa calon investor Prancis ke IKN dan menghasilkan 4 LoI (Letter of Intent) untuk dukung pembangunan IKN,” kata Presiden.

Baca juga: Pos Indonesia Kirim Perdana Bilah-bilah Bangunan Istana ke IKN

Presiden berharap, kesepakatan antarkedua negara tersebut dapat segera terwujud dalam waktu dekat.

“Saya harap kesepakatan ini dapat segera direalisasikan,” harap Presiden.

Dalam hal transisi energi, Kepala Negara berharap agar Prancis dapat merealisasikan komitmen untuk proyek transisi energi, termasuk di dalamnya melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

Selain membahas investasi, Presiden Jokowi juga meminta dukungan kepada Prancis terhadap proses keanggotaan Indonesia menjadi bagian dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

BERITA REKOMENDASI

Presiden mengungkapkan hal tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menjadi negara maju.

“Kami telah lakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan keanggotaan OECD,” tuturnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Presiden Jokowi meminta kepada Presiden Macron untuk dapat berbagi pengalaman mengenai cara kerja hingga optimalisasi manfaat sebagai anggota OECD.

“Untuk itu, mohon dukungan Prancis terhadap keanggotaan Indonesia termasuk berbagi pengalaman terkait cara kerja dan optimalisasi manfaat keanggotaan di OECD,” ujarnya.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-564, Soal Deklarasi KTT G20, Kyiv: Tak Ada yang Bisa Dibanggakan

Dikutip dari halaman Kemenkeu, Organization of Economic Co-operation and Development (OECD) adalah inter-governmental organisasi yang memiliki misi untuk mewujudkan perekonomian global yang kuat, bersih, dan berkeadilan (a stronger, cleaner, fairer world economy).

Dalam implementasinya, OECD membantu para pengambil kebijakan untuk mengatasi berbagai isu dan permasalahan global terbaru dan mencoba mengidentifikasi solusi kebijakan yang dapat diterapkan untuk dapat memperoleh manfaat yang optimal dari globalisasi, sambil menjawab berbagai tantangan dan menyelesaikan persoalan ekonomi, sosial, dan tata kelola yang baik (good governance).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga turut menyampaikan apresiasi kepada Prancis yang telah memperlihatkan fleksibilitas posisi atas tindak pelecehan simbol agama dan kitab suci dalam konsep deklarasi G20.

“Ini isu yang sangat penting bagi Indonesia, tindak pelecehan tersebut sangat melukai hati umat muslim dan tidak dapat dibenarkan,” Kata Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas