Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prancis Tangguhkan Penjualan iPhone 12 karena Masalah Radiasi, Belgia dan Negara Lain Ikut Bertindak

Keputusan Prancis untuk melarang penjualan iPhone 12 karena paparan radiasi, membuat negara-negara lain di Eropa ikut bertindak.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Prancis Tangguhkan Penjualan iPhone 12 karena Masalah Radiasi, Belgia dan Negara Lain Ikut Bertindak
STEPHANE DE SAKUTIN / AFP
Orang-orang mengantri di luar Apple Store baru pada hari pembukaannya di Champs Elysees Avenue di Paris pada 18 November 2017. Keputusan Prancis untuk melarang penjualan iPhone 12 karena paparan radiasi, membuat negara-negara lain di Eropa ikut bertindak. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Muda Ekonomi Digital Belgia mengatakan akan meminta regulator telekomunikasi untuk menganalisis potensi risiko kesehatan terkait iPhone 12.

Langkah itu dilakukan sebagai bentuk respons setelah Prancis memerintahkan penghentian penjualan iPhone 12 dengan alasan pelanggaran batas paparan radiasi atau Specific Absorption Rate (SAR).

“Adalah tugas saya untuk memastikan semua warga negara aman,” ujar Mathieu Michel, sekretaris negara bagian digitalisasi, dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email kepada Reuters pada hari Kamis (14/9/2023).

“Saya segera menghubungi IBPT-BIPT (regulator) untuk meminta analisa mengenai potensi bahaya produk tersebut,” kata Michel.

Ia juga telah meminta regulator untuk meninjau seluruh smartphone Apple, serta perangkat yang dibuat oleh produsen lain, untuk tahap selanjutnya.

Pada hari Rabu, Apple mengatakan iPhone 12, yang diluncurkan pada tahun 2020, telah disertifikasi oleh beberapa badan internasional.

Baca juga: Akibat Paparan Radiasi Tinggi, Prancis akan Larang Penjualan iPhone 12

iPhone 12 sudah dinyatakan sesuai dengan standar radiasi global.

BERITA TERKAIT

Apple juga telah memberikan beberapa hasil laboratorium dari pihak mereka sendiri serta pihak ketiga kepada badan Prancis untuk membuktikan kelayakan ponsel tersebut.

Namun langkah Perancis untuk menghentikan penjualan iPhone 12 itu, membuat negara-negara lain di Eropa ikut bertindak.

Regulator jaringan Jerman BNetzA mengatakan pihaknya mungkin akan meluncurkan proses serupa dan melakukan kontak dekat dengan pihak berwenang Prancis.

Pengawas digital Belanda juga mengatakan sedang menyelidiki masalah ini dan akan meminta penjelasan dari perusahaan Amerika tersebut.

Para peneliti telah melakukan sejumlah besar penelitian selama dua dekade terakhir untuk mengevaluasi risiko kesehatan yang diakibatkan oleh ponsel.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada dampak buruk terhadap kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel.

CEO Apple Tim Cook memegang iPhone 12 Pro terbarunya di acara Apple di Apple Park di Cupertino, California pada 13 Oktober 2020.
CEO Apple Tim Cook memegang iPhone 12 Pro terbarunya di acara Apple di Apple Park di Cupertino, California pada 13 Oktober 2020. (BROOKS KRAFT / APPLE INC. / AFP)

Baca juga: iPhone 12 Segala Model Dilarang Keras di Prancis, Radiasi Melewati Ambang Batas

Mengenal SAR dan Bahayanya

Mengutip khaleejtimes.com, "Tingkat Penyerapan Spesifik" atau Specific Absorption Rate (SAR) dalam Bahasa Inggris, mengacu pada dosis energi yang dapat diserap oleh tubuh dari sumber radiasi apa pun.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas