Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Retno Ungkap Proses Evakuasi WNI Terhambat karena Akses ke Gaza Palestina Ditutup

Upaya evakuasi satu keluarga warga negara Indonesia (WNI) di Gaza Selatan, kembali belum berhasil karena pintu dari sisi Gaza tidak dibuka .

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menlu Retno Ungkap Proses Evakuasi WNI Terhambat karena Akses ke Gaza Palestina Ditutup
Tribunnews.com/Rahmat W. Nugraha
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Upaya evakuasi satu keluarga warga negara Indonesia (WNI) di Gaza Selatan, kembali belum berhasil karena pintu dari sisi Gaza tidak dibuka 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan upaya untuk evakuasi satu keluarga warga negara Indonesia (WNI) di Gaza Selatan, kembali belum berhasil. 

Retno menyebutkan hal itu dikarenakan pintu dari sisi Gaza tidak dibuka sehingga tidak dimungkinkan dilakukan evakuasi

"Upaya untuk melakukan evakuasi terhadap satu keluarga WNI yang tinggal di Gaza Selatan, kembali belum berhasil. Diperoleh informasi, pintu dari sisi Gaza tidak dibuka sehingga tidak dimungkinkan dilakukan evakuasi. Dari lapangan kami juga memperoleh informasi, bahwa sudah dua hari ini tidak ada evakuasi dari Gaza ke Rafah," kata Retno dalam keterangannya Senin (6/11/2023).

Kemudian dikatakannya bahwa pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk memastikan WNI Indonesia di Gaza dalam keadaan baik.

"Kita akan terus berusaha dan kemarin saya lakukan kembali komunikasi dengan berbagai pihak, untuk memastikan bahwa WNI dalam keadaan baik," kata Retno.

"Saya juga langsung berkomunikasi dengan keluarga WNI Pak Hussein, untuk memberikan semangat dan menyampaikan bahwa kami sedang terus berusaha," sambungnya.

Retno juga mengungkapkan Kementerian Luar Negeri juga melakukan komunikasi terus dengan tiga relawan MER-C yang berada di sekitar Rumah Sakit Indonesia serta Kantor MER-C Jakarta, guna memastikan keselamatan mereka. 

BERITA REKOMENDASI

"Saya juga ingin sekali menyerukan agar Israel menghentikan pembunuhan terhadap warga sipil, dan mentargetkan serangan kepada fasilitas-fasilitas sipil seperti rumah sakit, masjid, dan gereja," kata Retno.

Baca juga: Menlu Retno Ungkap Masih Ada Satu Keluarga WNI di Gaza yang Belum Dievakuasi

Kemudian Retno ingatkan Israel untuk patuhi hukum humaniter internasional.

"Patuhi hukum humaniter internasional. Sekjen PBB pernah mengatakan, di dalam perang pun ada hukumnya," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas