Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Ingin Kelola Gaza Tanpa Batas Waktu, AS Malah Tak Mendukung: Bukan Hal yang Benar

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu inginkan pihaknya menjaga keamanan Gaza setelah perang dengan Hamas berakhir. Namun AS tidak mendukung.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Sri Juliati
zoom-in Israel Ingin Kelola Gaza Tanpa Batas Waktu, AS Malah Tak Mendukung: Bukan Hal yang Benar
JACQUELYN MARTIN/POOL/AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berbicara kepada media di dalam The Kirya, yang menampung Kementerian Pertahanan Israel, setelah pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri AS di Tel Aviv pada 12 Oktober 2023. - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menginginkan untuk mengambil tanggung jawab atas keamanan di Gaza untuk jangka waktu yang tidak terbatas setelah perang dengan Hamas berakhir. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah menyarankan negaranya untuk menjaga keamanan Gaza setelah perang berakhir.

Netanyahu meyakini bahwa Israel akan mengambil tanggung jawab atas keamanan di Gaza untuk jangka waktu yang tidak terbatas.

"Ketika kita tidak mempunyai tanggung jawab keamanan, yang kita alami adalah meletusnya teror Hamas dalam skala yang tidak dapat kita bayangkan," kata Netanyahu kepada ABC News.

Pernyataan Netanyahu ini muncul setelah Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden memperingatkan Israel agar tidak melakukan pendudukan besar-besaran di Gaza.

Meskipun Biden sangat mendukung perang Netanyahu melawan Hamas, kedua pemimpin memiliki perbedaan taktik.

Termasuk upaya dalam mencegah jatuhnya korban sipil dan perlunya jeda dalam pertempuran untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.

Baca juga: Jurnalis Palestina Mohammad Abu Hasira Tewas dalam Serangan Israel di Gaza

Netanyahu pada hari Senin menegaskan kembali, bahwa ia tidak akan menerima gencatan senjata sampai Hamas melepaskan tawanannya di Gaza.

BERITA TERKAIT

Meski begitu, dirinya mengisyaratkan keterbukaannya terhadap jeda kecil taktis untuk memungkinkan pergerakan orang dan bantuan.

"Tidak akan ada gencatan senjata, gencatan senjata umum, di Gaza tanpa pembebasan sandera kami."

"Sejauh jeda taktis, satu jam di sini, satu jam di sana – kita sudah pernah mengalaminya sebelumnya," ucapnya.

"Saya kira kita akan memeriksa keadaan agar barang, barang kemanusiaan bisa masuk, atau sandera kita, sandera individu bisa pergi. Namun menurut saya tidak akan ada gencatan senjata secara umum," lanjut Netanyahu.

Baca juga: Ancam Bakal Dibom, Militer Israel Paksa Puluhan Anak yang Dirawat di RS Khusus Kanker Evakuasi Diri

AS Tak Mendukung Israel

Presiden AS Joe Biden bergabung dengan Perdana Menteri Israel untuk memulai rapat kabinet perang Israel, di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas.
Presiden AS Joe Biden bergabung dengan Perdana Menteri Israel untuk memulai rapat kabinet perang Israel, di Tel Aviv pada 18 Oktober 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Palestina Hamas. (MIRIAM ALSTER / KOLAM RENANG / AFP)

Presiden AS, Joe Biden tidak mendukung keinginan Israel untuk menduduki Jalur Gaza setelah perang dengan Hamas berakhir.

Biden meyakini, pendudukan kembali Gaza oleh Israel bukanlah hal yang benar untuk dilakukan.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby mengatakan, perlu ada serangkaian pembicaraan yang sehat tentang seperti apa Gaza pasca-konflik.

Baca juga: Houthi Kerahkan Pasukan dan Senjata Berat di Taiz, Marib, Jouf: Serang Israel atau Tentara Yaman?

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas