Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Quds Bersatu Gempur IDF, Pasukan Israel Mundur dari Gaza Timur

milisi perlawanan Palestina yang terdiri dari Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Quds menyatukan kekuatan menargetkan unit infanteri Israel di Gaza

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Quds Bersatu Gempur IDF, Pasukan Israel Mundur dari Gaza Timur
tangkap layar twitter
CLOSE RANGE BATTLE - Tangkap layar dari publikasi Bigade Al-Qassam Palestina yang menunjukkan pertempuran jarak dekat (close range battle) dari milisi perlawanan Palestina terhadap tentara Israel. Tampak sebuah roket dari peluncur sandang bahu (manpads) mengarah ke sebuah tank Merkava-4M Israel . 

Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Quds Bersatu, Pasukan Israel Mundur dari Gaza Timur

TRIBUNNEWS.COM - Milisi perlawanan Palestina dilaporkan terus menghalau serangan pasukan Israel (IDF) di berbagai wilayah Gaza untuk menghalangi upaya IDF untuk maju di Jalur Gaza.

Setelah membombardir Gaza Utara, Tentara Israel memang bermaksud meluaskan invasi darat mereka ke wilayah lain Gaza, termasuk bagian Selatan yang menjadi lokasi pengungsi warga sipil.

Upaya milisi Palestina menghalau laju IDF ini dilaporkan menimbulkan banyak korban jiwa di pihak Israel pada 19 November 2023.

Baca juga: Acak-acak Gaza Utara Tapi Tak Temukan Markas Hamas, Israel Kini Mau Invasi Gaza Selatan

Laporan Al-Mayadeen menyebut, milisi perlawanan Palestina menargetkan unit infanteri Israel dan tiga tank di poros Al-Zaytoun sebelah barat Gaza.

Dalam upayanya, milisi perlawanan Palestina yang terdiri dari Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, dan Brigade Al-Quds, sayap militer Jihad Islam Palestina (PJI), menyatukan kekuatan.

"Perlawanan Palestina mengumumkan operasi gabungan di mana pejuang perlawanan dari Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Quds mampu menyerang tiga tank Israel di poros Al-Zaytoun dengan peluru anti-lapis baja tandem," tulis laporan Al-Mayadeen.

BERITA REKOMENDASI

Koresponden Al Mayadeen di Jalur Gaza utara melaporkan konfrontasi antara kelompok perlawanan Palestina dan pasukan Israel terjadi di Jalan Salah al-Din.

Laporan itu mengonfirmasi adanya penarikan mundur pasukan tank Israel dari beberapa sumbu pertempuran di tenggara dan barat laut Kota Gaza.

Menurut sumber lokal di Gaza, tank Israel mundur dari Ashqola, Al-Sabra, dan Al-Thalatheini di poros tenggara Kota Gaza.

"Brigade Al-Qassam membom kerumunan kendaraan pendudukan di poros selatan Gaza dengan serangan rudal dan memposting adegan para pejuangnya menghadapi tank dan pasukan pendudukan Israel," tulis laporan tersebut.

Brigade Al-Qassam Serbu Tentara Israel yang Sembunyi

Milisi Bridage Al- Qassam dilaporkan juga menargetkan sebuah rumah di daerah Juhr al-Dik, di mana pasukan Israel bersembunyi, sebelum menyerbu rumah tersebut dan menewaskan serta melukai para tentara Israel yang masih berada di dalamnya.

Di sisi lain, Brigade Al-Quds mengumumkan, bertempur menghadapi IDF dan menghantam tiga kendaraan militer dan sebuah buldoser D9 di poros Al-Zaytoun, sebelah timur Gaza selatan, menggunakan rudal anti-lapis baja.

"Brigade Al-Quds mengumumkan pemboman pemukiman "Sderot" dan "Nir Am" dengan serangan rudal terkonsentrasi. Mereka juga mengebom pasukan pendudukan di Bayyarat Murtaja di lingkungan Al-Zaytoun dengan mortir, sehingga menimbulkan korban langsung," tulis koresponden Al Mayadeen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas