Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Brigade Al-Quds Menyergap IDF di Barat Gaza, Brigade Al-Qassam Rudal Pusat Komando Israel di Selatan

Brigade Al-Quds menyerang tentara Israel di Barat Kota Gaza, sementara Brigade Al-Qassam beraksi di selatan Gaza, puluhan lapis baja Israel remuk.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Brigade Al-Quds Menyergap IDF di Barat Gaza, Brigade Al-Qassam Rudal Pusat Komando Israel di Selatan
Stringer – Anadolu Agency
Anggota pasukan bersenjata Brigade Al-Quds, sayap militer Jihad Islam Palestina, hadir saat Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, menyerahkan 10 sandera Israel kepada Komite Palang Merah Internasional di Kota Gaza, Gaza pada 28 November 2023. 

Brigade Al-Quds Menyergap IDF di Barat Gaza, Brigade Al-Qassam Rudal Pusat Komando Israel di Selatan

TRIBUNNEWS.COM - Perang Gaza antara milisi-milisi pembebasan Palestina dengan tentara pendudukan Israel (IDF) terus berlangsung sengit hingga Sabtu (9/12/2023).

Terbaru, hari ini milisi perlawanan Palestina di Jalur Gaza menyatakan kalau mereka menyerang sejumlah sasaran militer milik Israel.

Baca juga: Brigade Al-Qassam dan Brigade Al-Quds Bersatu Gempur IDF, Pasukan Israel Mundur dari Gaza Timur

Anadolu Agency melaporkan, Brigade Al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam Palestina, mengklaim di Telegram kalau mereka menargetkan kendaraan militer Israel dengan dua bom, melukai beberapa tentara di sebelah barat Kota Gaza.

Adapun Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, mengumumkan kalau mereka menyerang pusat komando musuh (Israel) di selatan Kota Gaza menggunakan mortir kaliber berat.

"Mereka juga melaporkan menargetkan tank Merkava Israel di bagian timur kota Khan Yunis dengan peluru Yasin 105," tulis laporan Anadolu Agency.

Orang-orang menggunakan lampu di telepon mereka untuk mencari korban di tengah reruntuhan bangunan yang membara, menyusul serangan Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 6 Desember 2023. Pasukan Israel pada 6 Desember memerangi militan Hamas di kota utama selatan Gaza, Khan Yunis, yang menyebabkan ?kengerian yang semakin mendalam? bagi warga sipil, kata PBB, setelah hampir dua bulan perang yang dipicu oleh serangan mematikan terhadap Israel. (Photo by MAHMUD HAMS / AFP)
Orang-orang menggunakan lampu di telepon mereka untuk mencari korban di tengah reruntuhan bangunan yang membara, menyusul serangan Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan pada 6 Desember 2023. Pasukan Israel pada 6 Desember memerangi militan Hamas di kota utama selatan Gaza, Khan Yunis, yang menyebabkan ?kengerian yang semakin mendalam? bagi warga sipil, kata PBB, setelah hampir dua bulan perang yang dipicu oleh serangan mematikan terhadap Israel. (Photo by MAHMUD HAMS / AFP) (AFP/MAHMUD HAMS)

Sasar Permukiman Israel

Laporan itu menyatakan, Brigade Al-Qassam juga mengklaim menembaki pasukan Israel yang menyerang di kota Khan Yunis utara dengan mortir, serta meluncurkan serangan rudal ke pemukiman Israel “Magen” di Gaza.

BERITA TERKAIT

Pada Jumat malam, Brigade Al-Qassam mengumumkan penghancuran total atau sebagian 21 kendaraan militer Israel di Jalur Gaza.

Israel melanjutkan serangan militernya di Jalur Gaza pada 1 Desember setelah berakhirnya jeda kemanusiaan selama seminggu dengan kelompok Palestina Hamas.

Setidaknya 17.487 warga Palestina telah tewas dan lebih dari 46.480 lainnya terluka dalam serangan udara dan darat yang tiada henti di wilayah kantong tersebut sejak 7 Oktober menyusul serangan lintas perbatasan oleh Hamas lewat Operasi Banjir Al-Aqsa.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut angka resmi.

(oln/*/Memo)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas