Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Joe Biden Terancam Dimakzulkan dari Jabatan Sebagai Presiden Amerika Serikat

The US House of Representatives atau Dewan Perwakilan Rakyat-nya Amerika Serikat pada Rabu melakukan pemungutan suara untuk pemakzulan Joe Biden.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Joe Biden Terancam Dimakzulkan dari Jabatan Sebagai Presiden Amerika Serikat
POOL / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP
Presiden AS Joe Biden berpidato saat perayaan Hanukkah di Gedung Putih, Senin, (11/12/2023). AS dikabarkan kehabisan persediaan bubuk mesiu. 

Joe Biden Terancam Dimakzulkan dari Jabatan Sebagai Presiden Amerika Serikat

TRIBUNNEWS.COM- The US House of Representatives atau Dewan Perwakilan Rakyat-nya Amerika Serikat pada Rabu melakukan pemungutan suara untuk meresmikan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden, sehingga meningkatkan pertarungan antara Partai Republik dengan Demokrat menjelang pemilu 2024, sebuah tindakan yang oleh Biden sendiri dikecam sebagai tindakan yang “tidak berdasar”.

Partai Republik, yang memanfaatkan kesepakatan internasional kontroversial putra Biden, Hunter, belum memberikan bukti adanya korupsi yang dilakukan presiden, dan Senat yang dipimpin Partai Demokrat kemungkinan besar tidak akan menghukumnya bahkan jika penyelidikan tersebut benar-benar mengarah pada persidangan pemakzulan.

Terlepas dari itu, prosedur tersebut menjamin Partai Republik memiliki platform baru dan penting untuk menyerang Biden saat ia berkampanye untuk terpilih kembali – dan untuk mengalihkan perhatian dari persidangan pidana federal yang dihadapi penantangnya, Donald Trump.

Pemungutan suara 221 berbanding 212 dilakukan sesuai dengan garis ketat partai, dengan setiap anggota Partai Republik memberikan suara mendukungnya dan setiap anggota Partai Demokrat menentangnya.

Baca juga: Joe Biden Mengaku Geram setelah Kongres AS Resmikan Langkah Pemakzulan Dirinya

Kalangan konservatif menuduh putra Biden yang bermasalah, Hunter, melakukan persekongkolan pengaruh – yang secara efektif memperdagangkan nama keluarga dalam skema bayar untuk bermain selama urusan bisnisnya di Ukraina dan Tiongkok.

Tuduhan terhadap Hunter Biden mengacu pada insiden yang terjadi sebelum ayahnya menjadi presiden, dan Gedung Putih menekankan bahwa tidak ada kesalahan yang dilakukan.

BERITA REKOMENDASI

Biden sendiri memberikan tanggapan segera setelah pemungutan suara, dengan menuduh Partai Republik mengulur waktu di bidang-bidang penting – seperti pendanaan pemerintah – sambil terobsesi untuk mencetak poin politik menjelang pemilu.

“Alih-alih melakukan apa pun untuk membantu membuat kehidupan orang Amerika lebih baik, mereka justru fokus menyerang saya dengan kebohongan,” kata Biden dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP.

“Daripada melakukan pekerjaan mendesak yang perlu dilakukan, mereka memilih membuang-buang waktu untuk aksi politik tak berdasar yang bahkan diakui oleh Partai Republik di Kongres tidak didukung oleh fakta.”

Baca juga: Israel Telah Kehilangan Dukungan Global, Joe Biden Mengatakan Benjamin Netanyahu Harus Berubah

Partai Republik bersikeras bahwa pekerjaan ini ada manfaatnya.

“Ketika Presiden Biden terus menolak panggilan pengadilan yang sah di Kongres, pemungutan suara hari ini dari Dewan Perwakilan Rakyat yang mengesahkan penyelidikan menempatkan kita pada posisi terkuat untuk menegakkan panggilan pengadilan ini di pengadilan,” kata Ketua DPR Mike Johnson dan anggota kepemimpinan Partai Republik lainnya.

“Rakyat Amerika berhak mendapatkan jawaban,” kata mereka dalam pernyataan bersama. "Penyelidikan pemakzulan ini akan membantu kita menemukan mereka."

Tidak ada bukti

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas