Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Kelabakan, Arab Saudi dan UEA Ogah Gabung Satgas Maritim Laut Merah Buat Perangi Houthi

Sikap Arab Saudi dan UEA ini dinilai menghambat upaya AS untuk melawan ancaman dari Houthi yang terus menargetkan kapal kargo berentitas Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in AS Kelabakan, Arab Saudi dan UEA Ogah Gabung Satgas Maritim Laut Merah Buat Perangi Houthi
Screen capture X
Helikopter Houthi Yaman dengan bentangan bendera Palestina di bagian bawah menyergap sebuah kapal kargo yang terafiliasi dengan Israel di Laut Merah, 20 November 2023. 

AS Kelabakan, Arab Saudi dan UEA Ogah Gabung Satgas Maritim Laut Merah Buat Perangi Houthi

TRIBUNNEWS.COM - Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) dilaporkan enggan bergabung dalam koalisi internasional bentukan Amerika Serikat (AS) di Laut Merah.

Meski begitu, disebutkan ada perbedaan pendapat antara Arab Saudi dan UEA soal penanganan angkatan bersenjata Yaman yang saat ini dikendalikan Ansarallah Houthi.

Friksi antara Arab Saudi dan UEA ini dinilai menghambat upaya AS untuk melawan ancaman dari Houthi yang terus menargetkan kapal kargo berentitas Israel di Laut Merah.

Baca juga: Cawe-cawe AS di Laut Merah, Kebodohan Lawan Houthi yang Bahayakan Satu Dunia Demi Israel

Menurut laporan Bloomberg pada Senin (18/12/2023), mengutip sumber, perbedaan sikap Arab Saudi dan UEA mempersulit upaya koalisi pimpinan AS untuk membentuk tanggapan yang koheren terhadap kelompok yang didukung Iran tersebut.

Perbedaan sikap itu berkutat pada aksi di lapangan.

UEA dilaporkan mendukung aksi militer, sedangkan Riyadh mengambil pendekatan yang lebih diplomatis.

Baca juga: AS, Arab Saudi, dan UEA Bahas Rencana Aksi Militer Gempur Ansarallah Houthi Yaman

BERITA REKOMENDASI

Pertimbangan Riyadh didasari agar langkah meredam Houthi di Laut Merah tidak memprovokasi dan membahayakan perundingan perdamaian negara kerajaan tersebut dengan Yaman yang sedang berlangsung dengan pemerintah de facto di Sanaa.

Baca juga: Laut Merah Membara, Arab Saudi Diuji: Tunduk Pada Perintah AS atau Berdamai dengan Yaman

Sedangkan Abu Dhabi juga ingin AS memasukkan kembali kelompok Houthi ke dalam daftar organisasi teroris.

Beda Sikap Arab Saudi dan UEA Soal Yaman

Sebagai informasi, Arab Saudi dan EUA, keduanya negara Teluk, adalah mitra dalam koalisi Arab yang telah melancarkan perang terhadap Yaman sejak tahun 2015.

Perang yang dilancarkan Arab Saudi dan UEA itu dalam upaya keduanya untuk mengembalikan pemerintahan Yaman yang diakui secara internasional.

Seperti diketahui, Houthi mengambil alih pemerintahan Yaman setelah penggulingan kekuasaan pada Revolusi 21 September 2015.

Meskipun berada di pihak yang sama melawan Houthi, kedua negara terkadang berselisih mengenai agenda mereka yang saling bertentangan di Yaman.

Arab Saudi mendukung milisi pro-pemerintah, sementara Abu Dhabi mensponsori Dewan Transisi Selatan (STC) yang cenderung separatis.

Diluncurkan dari daerah yang dikuasai Houthi, sebuah rudal menghantam kapal tanker komersial. Sebuah rudal jelajah berbasis darat yang ditembakkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menghantam sebuah kapal tanker komersial.
Diluncurkan dari daerah yang dikuasai Houthi, sebuah rudal menghantam kapal tanker komersial. Sebuah rudal jelajah berbasis darat yang ditembakkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menghantam sebuah kapal tanker komersial. (tangkapan layar Twitter/@GlobeEyeNews)

Sama-sama Ogah Gabung Koalisi AS

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas