Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Ganti Taktik Lawan Hamas: Tarik Mundur Pasukan Darat, Bombardir Gaza Pakai Serangan Udara

Israel akan menarik pasukan darat dari Gaza dalam ‘fase baru’ perang. Laporan jatuhnya korban IDF oleh Hamas membuat serangan berganti ke mode udara.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel Ganti Taktik Lawan Hamas: Tarik Mundur Pasukan Darat, Bombardir Gaza Pakai Serangan Udara
MENAHEM KAHANA / AFP
Tentara Israel dari unit infanteri Golani berjalan keluar dari Jalur Gaza Palestina dekat Kibbutz Ein Hashlosha selama badai pasir setelah operasi di dalam Gaza, 17 Oktober 2007. 

Israel Ganti Taktik Lawan Hamas: Tarik Mundur Pasukan Darat, Bombardir Gaza Pakai Serangan Udara

TRIBUNNEWS.COM - Otoritas Penyiaran Israel, Sabtu (23/12/2023) melaporkan, Tel Aviv berencana untuk beralih ke fase baru perang Gaza dalam beberapa minggu mendatang.

Laporan itu menyebut, Israel akan mengganti taktik perang Gaza melawan Hamas dengan mengakhiri operasi darat dan mengalihkan fokus untuk melanjutkan serangan udara besar-besaran di Jalur Gaza.

Israel mengklaim penarikan mundur pasukan darat ini sebagai 'Fase Baru' Perang Gaza.

Niat penarikan mundur pasukan darat Israel ini, datang saat laporan soal meningkatnya jumlah korban tentara Israel (IDF) makin tinggi.

Baca juga: Pakar Militer Turki Ungkap Hal Mengejutkan Soal Brigade Al Qassam Bikin Senapan dan Peluru Sniper

“Tentara Israel sedang bersiap untuk melanjutkan ke tahap ketiga pertempuran di Gaza dalam beberapa minggu mendatang,” kata sumber tersebut, mengutip sumber yang mengetahui hal tersebut.

Lembaga penyiaran Israel menambahkan, fase ini akan mencakup “mengakhiri operasi darat di Jalur Gaza, mengurangi pasukan, dan mendemobilisasi pasukan cadangan.”

BERITA REKOMENDASI

Fase baru ini akan fokus pada pemboman besar-besaran dan pembentukan “zona penyangga” di dekat perbatasan sesuai dengan tujuan lama Israel.

Baca juga: Pasukan Elite Brigade Golani Israel Balik Kanan dari Gaza, ​Seperempat Pasukan Rontok Dihajar Hamas

DISERANG - Sebuah tank Israel bersiaga di dekat kendaraan tempur yang hancur di Gaza karena serangan roket milisi pembebasan Palestina, Hamas. Israel dilaporkan mengalami kerugian besar dalam Perang Gaza.
DISERANG - Sebuah tank Israel bersiaga di dekat kendaraan tempur yang hancur di Gaza karena serangan roket milisi pembebasan Palestina, Hamas. Israel dilaporkan mengalami kerugian besar dalam Perang Gaza. (afp)

Brigade Golani Infanteri Elite Israel Balik Kanan

Terlepas dari sejumlah klaim dari narasumber itu kalau tentara Israel “mengambil kendali atas sebagian besar wilayah utara Jalur Gaza,” pertempuran dengan perlawanan Palestina terus berkecamuk di Gaza utara dan selatan.

Laporan Israel ini muncul beberapa hari setelah pasukan elite Brigade Golani menarik diri dari Gaza untuk “menata ulang barisannya.”

Brigade Golani menghadapi kerugian besar saat melawan Brigade Qassam Hamas, Brigade Quds, dan kelompok lain yang bercokol di jalur tersebut.

Menurut seorang pensiunan jenderal Israel, pasukan elite infanteri Israel ini kehilangan seperempat pasukannya.

Brigade Qassam telah merilis rekaman penyergapan terhadap pasukan Israel hampir setiap hari.

Video tersebut mencakup adegan serangan peluru kendali, operasi penembak jitu, dan serangan RPG terhadap tank, kendaraan, dan buldoser.

Baca juga: Pakar Militer Turki Ungkap Hal Mengejutkan Soal Brigade Al Qassam Bikin Senapan dan Peluru Sniper

Seorang pejuang Palestina dari brigade Al-Quds di terowongan militer di Beit Hanun, Jalur Gaza utara pada Mei 2021.
Seorang pejuang Palestina dari brigade Al-Quds di terowongan militer di Beit Hanun, Jalur Gaza utara pada Mei 2021. (Kredit Foto: Ahmed Zakot/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas