Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Hujani Damaskus dengan Serangan Udara, Penasehat Senior Garda Revolusi Iran Dklaim Tewas 

Militer Israel menggelar serangan udara ke luar ibu kota Damaskus dan menyebabkan seorang penasehat senior dalam Pasukan Garda Revolusi Iran tewas.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Israel Hujani Damaskus dengan Serangan Udara, Penasehat Senior Garda Revolusi Iran Dklaim Tewas 
Times Now
Sayyed Razi Mousavi, penasehat senior Pasukan Garda Revolusioner Iran yang dikabarkan tewas oleh serangan udara militer Israel atas Damaskus, ibukota Suriah pada Senin kemarin, 25 Desember 2023. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIRUT - Militer Israel menggelar serangan udara ke luar ibu kota Suriah, Damaskus, Senin (25/12/2023) dan menyebabkan seorang penasehat senior dalam Pasukan Garda Revolusioner Iran tewas.

Kabar ini disampaikan oleh tiga sumber keamanan dan media negara di Iran. Sumber-sumber tersebut menyampaikan kepada kantor berita Reuters bahwa penasehat tersebut, yang dikenal sebagai Sayyed Razi Mousavi.

Mousavi dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan aliansi militer antara Suriah dan Iran.

Televisi negara Iran memotong siaran berita reguler untuk mengumumkan bahwa Mousavi telah tewas. Kabar tersebut menggambarkannya sebagai salah satu penasehat tertua Garda di Suriah.

Media tersebut menyatakan bahwa ia "termasuk di antara mereka yang mendampingi Qassem Soleimani," kepala Pasukan Quds Garda yang tewas dalam serangan drone AS di Irak pada tahun 2020 silam.

Menyikapi insiden ini, Pasukan Garda Revolusioner Iran menyatakan bahwa Israel akan membayar atas pembunuhan Mousavi, yang memegang pangkat brigadir jenderal di Garda.

"Tanpa ragu, rezim Zionis penjajah dan kejam akan membayar untuk kejahatan ini," demikian disampaikan Garda dalam pernyataan yang dibacakan di TV negara.

BERITA REKOMENDASI

Sejauh ini masih belum ada komentar langsung dari militer Israel pasca serangan atas Damaskus.

Baca juga: Ledakan Besar Empat Rudal Beruntun Hantam Pangkalan AS di Hasakah Suriah, Milisi Irak Makin Garang

Israel telah melakukan serangan selama bertahun-tahun terhadap apa yang dijelaskan sebagai target terkait Iran di Suriah, di mana pengaruh Tehran telah tumbuh sejak mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang yang meletus di Suriah pada tahun 2011.

Baca juga: Kedutaan Besar Amerika di Irak Dihajar Tiga Roket, Pangkalan Militer di Suriah Diserang Milisi 

Pada awal bulan ini, Iran mengatakan serangan Israel telah menewaskan dua anggota Garda Revolusioner di Suriah yang bertugas sebagai penasehat militer di negara berkonflik itu.

Penulis: Syamsul Azhar | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas