Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ogah Dinas di Pos Pengamatan, Tentara Wanita Israel Ngaku Idap Anxiety hingga Dijebloskan ke Bui

Media Israel melaporkan para tentara wanita Israel yang menolak dinas di pos pengamatan, telah dijebloskan ke penjara.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Ogah Dinas di Pos Pengamatan, Tentara Wanita Israel Ngaku Idap Anxiety hingga Dijebloskan ke Bui
MENAHEM KAHANA / AFP
Tentara wanita Israel dari Batalyon Caracal ke-33 mengambil bagian dalam pawai kelulusan di bagian utara gurun Negev Israel selatan, pada 13 Maret 2013. Media Israel melaporkan para tentara wanita Israel yang menolak dinas di pos pengamatan, telah dijebloskan ke penjara. 

TRIBUNNEWS.COM - Media Israel melaporkan para tentara wanita Israel yang menolak dinas di pos pengamatan, telah dijebloskan ke penjara.

Ynet Israel, mengutip Juru Bicara Pasukan Pendudukan Israel (IOF), Daniel Hagari mengatakan bahwa belasan tentara wanita pendudukan Israel menolak dipindahkan ke posisi yang telah ditentukan di pos pengamatan.

Hagari menegaskan IOF harus meyakinkan dan menjelaskan kepada para tentara mengenai pentingnya posisi tersebut.

Gelombang penolakan di pihak tentara wanita Israel terjadi setelah beberapa anggota IOF yang bertugas di pos-pos pengamatan ditawan atau dibunuh oleh Perlawanan Palestina pada 7 Oktober 2023, dikutip dari Al Mayadeen.

Menurut Ynet, sekitar 50 tentara yang dimobilisasi minggu ini menolak dipindahkan dari kamp pelatihan dan menjalankan tugas yang diberikan kepada mereka.

Situs berita tersebut mengatakan tindakan mereka mengabaikan beberapa peringatan dan ketentuan wajib militer mereka di bawah pangkat militer pendudukan.

“Kami mempunyai kewajiban moral dan etika untuk memperbaiki apa yang terjadi pada hari itu ketika kami gagal melindungi pos terdepan (Nahal Oz),” kata Hagari kepada Ynet.

BERITA TERKAIT

Nahal Oz mengacu pada pos terdepan kolonial yang dikuasai oleh Perlawanan Palestina pada hari pertama serangan; Pertempuran Banjir Al-Aqsa.

Seperti yang dijelaskan oleh Ynet, terdapat banyak bukti bahwa para komandan senior Israel mengabaikan “peringatan” yang berulang kali diberikan oleh tentara wanita yang ditugaskan di pos-pos observasi, mengenai adanya serangan yang akan datang, sehingga memicu kekhawatiran untuk melakukan tugas-tugas tersebut.

IOF menahan tentara wanita

Menariknya, Ynet mengatakan beberapa perempuan wajib militer yang menolak wajib militer dibawa ke “penahanan atau penjara.”

Baca juga: IDF Sengaja Banjiri Terowongan di Gaza, Klaim untuk Netralisir Ancaman Jaringan Bawah Tanah Hamas

Salah satu tentara wanita yang ditahan menggambarkan kejadian yang sedang berlangsung sebagai “aib".

Prajurit tersebut berusaha untuk membebaskan dirinya dari dinas dengan mengajukan dokumen yang merinci bahwa dia menderita beberapa penyakit mental, termasuk "anxiety" dan "attention disorder".

Perkembangan terkini perang Israel-Hamas

  • Tentara Israel membenarkan bahwa mereka telah membanjiri terowongan di Gaza dengan air laut selama beberapa minggu.
  • Nasib Hind Hamadeh yang berusia enam tahun dan awak ambulans di Kota Gaza masih “belum diketahui”, kata Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS).

    Hind selamat tetapi keluarganya terbunuh ketika mobil mereka diserang oleh pasukan Israel di Kota Gaza pada hari Selasa (30/1/2024).
  • Israel telah mengeluarkan perintah evakuasi di sebelah barat Kota Gaza di mana menurut PBB 88.000 warga Palestina berlindung.
  • Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah meminta donor besar untuk melanjutkan pendanaan badan PBB untuk pengungsi Palestina.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas