Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengamuk Balas Dendam, AS Semburkan 125 Rudal Presisi dalam 30 Menit ke Milisi Proksi Iran

Aksi balasa dendam AS, lebih dari 125 rudal presisi digunakan untuk mencapai lebih dari 85 sasaran di Irak dan Suriah. Iran target utama

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mengamuk Balas Dendam, AS Semburkan 125 Rudal Presisi dalam 30 Menit ke Milisi Proksi Iran
US Navy/photo: Mass Communication Specialist 2nd Class Zachary Elmore
Jet tempur AS lepas landas dari kapal induk USS Dwight D Eisenhower untuk melakukan pengeboman terhadap fasilitas kelompok Houthi di Yaman karena memblokade Laut Merah atas solidaritas terhadap perlawanan Palestina terhadap Israel, 12 Januari 2024. 

Balas Dendam 3 Tentaranya Tewas di Tower 22, AS Semburkan 125 Rudal Presisi ke Milisi Proksi Iran

TRIBUNNEWS.COM - Militer Amerika Serikat (AS) pada Jumat (2/1/2024) memulai serangan terhadap kelompok milisi yang mereka identifikasi sebagai proksi Iran di Irak dan Suriah.

Seorang pejabat pertahanan AS, dilansir Insider, menyebut, serangan ini merupakan aksi balasan atas insiden berdarah di Tower 22, pangkalan AS di Yordania, yang menewaskan 3 tentara AS.

Disebutkan, serangan hebat ini merupakan bagian satu dari rangkaian aksi pembalasan yang lebih besar dari AS.

Baca juga: Tower 22, Pangkalan Strategis AS di Segitiga Suriah-Irak-Yordania Juga Kena Hantam Drone Milisi

Setelah berita awal serangan AS itu tersiar, Komando Pusat AS, atau CENTCOM, merilis pernyataan yang mengatakan sejumlah pesawat tempur, termasuk pembom jarak jauh, melakukan serangan udara terhadap Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) Iran dan kelompok milisi yang berafiliasi di Irak dan Suriah.

Dikatakan lebih dari 125 rudal presisi digunakan untuk mencapai lebih dari 85 sasaran di kedua negara.

"Fasilitas yang diserang termasuk pusat operasi komando dan kendali, pusat intelijen, roket dan rudal, serta penyimpanan kendaraan udara tak berawak, dan fasilitas rantai pasokan logistik dan amunisi kelompok milisi dan sponsor IRGC mereka," tulis laporan tersebut mengutip pernyataan CENTCOM.

Baca juga: Pangkalan Militer AS Kebobolan, Kenapa Markas Rahasia Tower 22 Tak Bisa Deteksi Drone Milisi Irak?

Gambar satelit selebaran yang dirilis pada 29 Januari 2024 oleh Planet Labs PBC dan diambil pada 12 Oktober 2023 menunjukkan pemandangan pangkalan, yang dikenal sebagai Menara 22, yang dioperasikan oleh pasukan AS sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS ( ISIS) kelompok jihad, dekat perbatasan Yordania dengan Irak dan Suriah di Distrik Rwaished timur laut. Serangan drone pada 28 Januari 2024 di pangkalan perbatasan di timur laut Yordania, menewaskan tiga tentara AS.
Gambar satelit selebaran yang dirilis pada 29 Januari 2024 oleh Planet Labs PBC dan diambil pada 12 Oktober 2023 menunjukkan pemandangan pangkalan, yang dikenal sebagai Menara 22, yang dioperasikan oleh pasukan AS sebagai bagian dari koalisi internasional melawan ISIS ( ISIS) kelompok jihad, dekat perbatasan Yordania dengan Irak dan Suriah di Distrik Rwaished timur laut. Serangan drone pada 28 Januari 2024 di pangkalan perbatasan di timur laut Yordania, menewaskan tiga tentara AS. (Lab Planet / AFP)
BERITA TERKAIT

AS secara terbuka memang menuduh Iran menjadi pihak yang memfasilitasi serangan terhadap pasukan AS dan Koalisinya di sejumlah wilayah di Timur Tengah.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan kepada wartawan kalau serangan tersebut mengenai tujuh fasilitas yang digunakan oleh IRGC dan kelompok milisi yang berafiliasi di Irak dan Suriah.

"Serangan tersebut berlangsung selama 30 menit. Jumlah korban belum jelas, namun dia mengatakan serangan tersebut diyakini “berhasil.”," lanjut laporan Insider.

Serangan udara AS yang menargetkan militan pro-Iran di Suriah dan Irak pada Jumat (2/2/2024) malam.
Serangan udara AS yang menargetkan militan pro-Iran di Suriah dan Irak pada Jumat (2/2/2024) malam. (X)

Aksi Balas Dendam AS Masih AKan Terus Berlanjut

Presiden AS, Joe Biden mengatakan, meskipun aksi balasan AS ini dimulai pada Jumat, dia menyatakan serangan balasan akan terus berlanjut.

“Hal ini (serangan balasan) akan berlanjut pada waktu dan tempat yang kami pilih,” katanya

“Amerika Serikat tidak menginginkan konflik di Timur Tengah atau di mana pun di dunia,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Tetapi biarlah semua orang yang mungkin ingin menyakiti kami mengetahui hal ini: Jika Anda menyakiti orang Amerika, kami akan membalasnya,” tegasnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas