Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Salju Lebat di Tokyo Jepang, 3.100 Rumah di Prefektur Kanagawa, Yamanashi & Saitama 'Tanpa' Listrik

Tiga prefektur yang mengalami pemadamam listrik adalah Kanagawa, Yamanashi dan Saitama.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Salju Lebat di Tokyo Jepang, 3.100 Rumah di Prefektur Kanagawa, Yamanashi & Saitama 'Tanpa' Listrik
Foto Mainichi
Sekitar 3.100 rumah di Tokyo dan tiga prefektur di Jepang mengalami pemadaman listrik, Selasa (6/2/2024) mulai pukul 08.30 waktu Jepang. Tiga prefektur yang mengalami pemadamam listrik adalah Kanagawa, Yamanashi dan Saitama. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sekitar 3.100 rumah di Tokyo dan tiga prefektur di Jepang mengalami pemadaman listrik, Selasa (6/2/2024) mulai pukul 08.30 waktu Jepang.

Berdasarkan keterangan TEPCO Power Grid, tiga prefektur yang mengalami pemadamam listrik adalah Kanagawa, Yamanashi dan Saitama.

Baca juga: Ketebalan Salju Tokyo Jepang Capai 8 Cm, Peringatan Hati-hati di Jalan




Rinciannya sekitar 1.660 unit di Kanagawa, sekitar 980 unit di Yamanashi, sekitar 360 unit di Saitama, dan 120 unit di Tokyo.

Ketebalan Salju 8 Cm

Sebelumnya ketebalan salju di Tokyo Senin malam mencapai maksimum 8 cm.

Kementerian Transportasi Jepang mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati menggunakan mobil.

"Sebaiknya menggunakan rantai anti salju pada ban atau ban khusus. Hindari ke luar rumah menggunakan mobil apabila tidak perlu," ungkap Naoki Terasawa, Direktur Kantor Tindakan Pencegahan Bencana Jalan Divisi Lingkungan, Keselamatan dan Pencegahan Bencana Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, Senin.

BERITA TERKAIT

Pengaruh sistem tekanan rendah yang bergerak di sepanjang pantai selatan Honshu, salju lebat diperkirakan akan terjadi di wilayah Kanto-Koshin hingga pagi hari tanggal 6 Februari, terutama di sepanjang pegunungan dan salju diperkirakan akan menumpuk di beberapa tempat di daerah datar, termasuk 23 distrik diTokyo.

Baca juga: Terjadi Lagi, 2 Pesawat Tabrakan di Bandara Jepang, Dipicu Badai Salju

"Jika suhu lebih rendah dari yang diharapkan, ada risiko hujan salju lebat, jadi waspadai dampaknya terhadap lalu lintas," katanya.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, karena pengaruh sistem tekanan rendah yang bergerak ke timur di sepanjang pantai selatan Honshu, salju lebat diperkirakan akan terjadi terutama di sepanjang pegunungan dan pegunungan Kanto-Koshin hingga pagi hari tanggal 6 Februari besok, dan salju diperkirakan akan menumpuk di beberapa tempat di tanah datar, termasuk semua wilayah Tokyo.

Jumlah salju yang turun dalam 24 jam hingga sore hari tanggal 6 Januari adalah ketebalan 40 cm di pegunungan Koshin dan wilayah Kanto utara, 30 cm di pegunungan dari Hakone ke wilayah Tama dan Chichibu, dan 25 cm bagian utara Kanto.

Orang-orang membersihkan salju dari trotoar pada hari bersalju di Beijing pada 13 Desember 2023.
Orang-orang membersihkan salju dari trotoar pada hari bersalju di Beijing pada 13 Desember 2023. (WANG Zhao / AFP)

Sedangkan disekitar Tokyo salju akan mencapai ketebalan sekitar 8 cm.

Jika suhu lebih rendah dari yang diperkirakan, ada risiko lebih banyak hujan salju.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyerukan perhatian yang cermat terhadap dampak akumulasi salju dan permukaan jalan yang dingin pada lalu lintas, serta salju yang jatuh pada kabel listrik dan pohon, runtuhnya rumah kaca pertanian, dan longsoran salju.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas