Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel: 46 Tentara IDF Roboh dalam 24 Jam Terakhir Pertempuran di Jalur Gaza

jumlah tentara dan perwira Israel yang terluka telah meningkat menjadi 2.984 orang per Selasa, naik dari 2.938 orang pada Senin.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Israel: 46 Tentara IDF Roboh dalam 24 Jam Terakhir Pertempuran di Jalur Gaza
Tangkap Layar/Memo
EVAKUASI - Tentara Israel (IDF) mengevakuasi rekan mereka yang roboh dan terluka dalam pertempuran di Jalur Gaza. Dalam 24 jam terakhir, sebanyak 46 tentara IDF mengalami luka-luka dan tidak bisa melanjutkan perang. 

Israel: 46 Tentara IDF Roboh dalam 24 Jam Terakhir Pertempuran di Gaza

TRIBUNNEWS.COM - Data yang dirilis oleh tentara pendudukan Israel (IDF) Selasa (21/2/2024) mengungkapkan kalau sebanyak 46 tentara IDF terluka dalam 24 jam terakhir selama pertempuran yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Menurut data yang dipublikasikan di situs resmi angkatan darat Israel, jumlah tentara dan perwira Israel yang terluka telah meningkat sejak awal perang pada 7 Oktober silam menjadi 2.984 orang, naik dari 2.938 orang pada Senin.

Baca juga: Israel Mundur dari Perjanjian Gencatan Senjata, Hamas: Kawasan Ini Tak Akan Tenang

Hal ini menjadikan jumlah tentara Israel yang roboh terluka dan tidak bisa melanjutkan perang antara Senin dan Selasa menjadi 46 orang.

Pada Desember sialm, Organisasi Veteran Penyandang Disabilitas Israel memperingatkan kalau jumlah tentara IDF yang terluka kemungkinan akan mencapai sekitar 20.000 orang setelah mereka yang didiagnosis dengan gangguan stres pasca-trauma juga dimasukkan dalam kategori korban perang.

Baca juga: Menhan Israel Deklarasikan Kemenangan di Khan Yunis: 10 Ribu Pejuang Hamas Tewas, IDF Bidik Rafah

Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 31 Januari 2024 ini menunjukkan pasukan Israel mengevakuasi seorang tentara yang terluka selama operasi di Jalur Gaza, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas.
Gambar selebaran yang dirilis oleh tentara Israel pada 31 Januari 2024 ini menunjukkan pasukan Israel mengevakuasi seorang tentara yang terluka selama operasi di Jalur Gaza, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas. (Tentara Israel / AFP)

Klaim Sudah Netralisir Wilayah Jalur Gaza

Kabar soal korban di pihak IDF ini menyeruak di tengah klaim Israel yang menyebut sudah menetralisir sejumlah area kantung perlawanan di Jalur Gaza.

Atas klaim itu, IDF berencana mengakhiri fase gempuran intensif mereka di beberapa wilayah Gaza, termasuk di Utara dan Selatan.

BERITA REKOMENDASI

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan bahwa operasi darat dengan intensitas tinggi di Gaza utara telah berakhir dan fase intensif perang Israel di Gaza selatan juga akan segera berakhir.

Perang brutal Israel di Gaza yang kini memasuki hari ke-102 – sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 24.100 warga Palestina dan melukai 60.834 lainnya, kata para pejabat kesehatan, ketika Tel Aviv melanjutkan agresinya di wilayah kantong pesisir tersebut.

“Di selatan Gaza, [fase intensif] akan segera berakhir,” kata Gallant, tanpa memberikan batas waktu pastinya.

Gallant mengatakan tentara akan melakukan operasi dengan intensitas rendah di Gaza utara, dan menambahkan bahwa pasukan Israel sedang berupaya untuk menemukan lokasi sisa Hamas di wilayah tersebut.

Invasi Israel telah membuat 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Baca juga: Yoav Gallant Absen Rapat usai Ribut dengan Netanyahu: Berhenti Ganggu Pekerjaan Saya

Israel mengakhiri serangan darat ‘intensitas tinggi’ di Gaza utara.

Yoav Gallant, mengatakan pada hari Senin bahwa operasi darat intensitas tinggi di Jalur Gaza utara telah berakhir, Anadolu Agency melaporkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas