Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pertama Kali Dalam 19 Tahun Terakhir, 2 Shinkin Merger di Jepang Antisipasi Penurunan Populasi

Kedua serikat kredit di distrik Adachi dan Katsushika Tokyo telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk bergabung tahun depan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pertama Kali Dalam 19 Tahun Terakhir, 2 Shinkin Merger di Jepang Antisipasi Penurunan Populasi
Foto NHK
Dua lembaga Shinkin Jepang di Adachiku dan Katsushikaku, keduanya di Tokyo yang segera akan merger 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pertama kali dalam kurun waktu 19 tahun terakhir ini, dua Shinkin atau Serikat Kredit, Lembaga Finansial Koperasi Regional untuk UKM Jepang, melakukan merger untuk mengantisipasi penurunan populasi di Jepang.

Kedua serikat kredit di distrik Adachi dan Katsushika Tokyo telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk bergabung tahun depan, pada tahun 2025.

"Kami lakukan untuk mengantisipasi penurunan populasi di masa depan, dan ini akan menjadi penggabungan serikat kredit pertama di Tokyo dalam 19 tahun terakhir ini," papar sumber keuangan Tribunnews.com Jumat (1/3/2024).

Menurut pengumuman itu, Adachi Seiwa Shinkin Bank, yang memiliki kantor pusat di Adachi-ku, dan Toei Shinkin Bank, yang memiliki kantor pusat di Katsushika-ku yang berdekatan, telah setuju untuk bergabung pada Oktober 2025.

Adachi Seiwa Shinkin Bank didirikan di Taisho 15 (1926), memiliki 23 cabang, dan memiliki volume deposito 570 miliar yen, menjadikannya yang terbesar ke-16 di antara 23 serikat kredit di Tokyo.

Baca juga: Jepang dan Korea Utara Upayakan Pertemuan Antarpemimpin di Pyongyang

Di sisi lain, Toei Shinkin Bank didirikan di Showa 13 (1938), memiliki 10 cabang, dan jumlah setoran 140 miliar yen, yang merupakan yang terendah di antara serikat kredit di Tokyo.

BERITA TERKAIT

Dalam kedua kasus tersebut, toko-toko individu dan usaha kecil dan menengah (UKM) dan usaha mikro adalah pelanggan utama.

Meskipun demikian selain pertumbuhan laba pinjaman yang lamban karena suku bunga rendah yang berkepanjangan dan arus keluar deposito ke bank-bank besar, ini juga merupakan masalah untuk merespons dalam mengantisipasi penurunan populasi di masa depan.

Nama baru setelah merger diharapkan akan diputuskan melalui panggilan terbuka dari staf.

Jika terealisasi, ini akan menjadi merger serikat kredit pertama di Tokyo dalam waktu sekitar 19 tahun, sejak tiga serikat kredit menjadi Tama Shinkin Bank pada tahun 2006.

Bahkan di Tokyo, di mana populasi terkonsentrasi dan kegiatan perusahaan aktif, ada gerakan restrukturisasi untuk bertahan hidup, dan tren lebih dari 250 serikat kredit nasional ikut menarik perhatian bersama.

Pada konferensi pers Jumat (1/3/2024), Takeshi Tsuchiya, ketua Adachi Seiwa Shinkin Bank, mengatakan, "Kami memiliki banyak kontak satu sama lain setiap hari, dan ketika kami berbicara tentang bagaimana kami ingin bertujuan untuk serikat kredit semacam ini, kami berdua tampaknya cocok. Kami ingin bisa mengeluarkan yang terbaik dari satu sama lain, meskipun kami kecil."

Selain itu, dia menambahkan, "Bisa dibayangkan bahwa populasi akan menurun terus dalam 10 atau 20 tahun, tetapi saya tidak berpikir bahwa wilayah ini akan menurun sama sekali. Sebaliknya, saya ingin mengembangkan wilayah ini, dan untuk alasan itu, saya ingin membidik serikat kredit yang bisa bekerja bahu membahu untuk masyarakat. "

Pada konferensi pers, Yoshitoshi Kitazawa, ketua Toei Shinkin Bank, mengatakan, "Sejak awal, kami tidak dalam posisi untuk mempertimbangkan merger sama sekali. Tetapi gelombang penurunan angka kelahiran dan populasi yang menua berkembang dengan sangat cepat."

Selain itu, mengenai bentuk ideal dari serikat kredit baru, dia berkata, "Saya bangga bahwa kami telah mempromosikan dukungan yang menyertainya kepada mitra bisnis kami sebagai pusat kota yang aman, dan kami ingin terus berkontribusi kepada masyarakat setempat bahkan setelah merger."

Di sisi lain, mengenai kemungkinan merger lebih lanjut, dia berkata, "Kami saat ini tidak mempertimbangkan untuk meminta serikat kredit lain untuk bergabung, dan jika ada diskusi, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkannya. Tetapi pada tahap ini, kami ingin berkonsentrasi pada merger pada Oktober tahun depan. "

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas