Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Gencarkan Serangan di Khan Yunis, IDF Masuk Lebih Jauh ke Dalam Kota, Penduduk Terjebak

Israel mengintensifkan serangan terhadap Khan Yunis. Pasukan IDF masuk lebih jauh ke dalam kota.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Gencarkan Serangan di Khan Yunis, IDF Masuk Lebih Jauh ke Dalam Kota, Penduduk Terjebak
tangkap layar/Photo Credit: AP Photo/Mahmoud Essa
KELAPARAN - Ribuan warga Palestina menunggu datangnya truk bantuan yang ditujukan bagi jutaan pengungsi Gaza yang kelaparan. Pada Kamis (29/2/2024), tentara Israel menembaki kerumuman warga Palestina yang sedang menunggu datangnya bantuan ini, menghasilkan tragedi Tepung Berdarah yang menewaskan 112 warga sipil Palestia di Gaza Utara. 

Israel Gencarkan Serangan di Khan Yunis, IDF Masuk Lebih Jauh ke Dalam Kota, Penduduk Terjebak

TRIBUNNEWS.COM- Israel mengintensifkan serangan terhadap Khan Yunis.

Pasukan IDF masuk lebih jauh ke dalam kota.

Penduduk Kota Hamad di Khan Yunis dan kota Qarara terjebak ketika tentara berupaya memasuki wilayah baru di kota tersebut.

Pasukan Israel mendesak lebih jauh ke kota Khan Yunis di selatan Jalur Gaza dalam semalam, di bawah kedok puluhan serangan udara intensif terhadap kota tersebut dan terus bentrokan dengan kelompok perlawanan Palestina.

Pengeboman masih berlangsung di Khan Yunis dan di kota Rafah paling selatan yang terkepung, tempat lebih dari satu juta warga Palestina terdampar tanpa tujuan.

Menurut media Ibrani, serangan tersebut bertujuan untuk memberi jalan bagi pasukan darat Israel untuk memasuki wilayah baru di Khan Yunis.

BERITA REKOMENDASI

“Pasukan Israel mengepung Kota Hamad dan kota Al-Qarara di Khan Yunis sebagai persiapan untuk serangan ke wilayah utara,” Al-Jazeera melaporkan pada hari Minggu.

Ribuan pengungsi Palestina di dua wilayah tersebut mengajukan permohonan ke Bulan Sabit Merah, memohon evakuasi, karena mereka dikelilingi oleh kendaraan militer Israel dan tim pertahanan sipil tidak dapat menjangkau mereka.

Pasukan Israel mencoba mengevakuasi mereka secara paksa ke utara Khan Yunis.

Kantor berita WAFA mengatakan tentara menargetkan daerah pemukiman dengan peluru artileri dan tembakan.

Tentara Israel “memulai serangan mendadak di daerah tersebut, di mana pasukan tersebut menyerbu sasaran teror dan melenyapkan teroris,” kata militer dalam sebuah pernyataan pada pagi hari tanggal 3 Maret, mengklaim telah menyerang “50 sasaran Hamas” dalam waktu enam menit.

Kelompok perlawanan yang bermarkas di Khan Yunis dengan gigih menghadapi kemajuan Israel ke wilayah yang lebih dalam di kota tersebut.

Brigade Quds dari gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) mengatakan pada tanggal 3 Maret bahwa mereka menyerang dua kendaraan militer dengan RPG, dan meledakkan sebuah bangunan yang dilengkapi dengan bahan peledak dan pasukan infanteri Israel bersembunyi di dalamnya.

Israel juga melakukan serangan udara intensif di kota Deir al-Balah dan Rafah di selatan Gaza, menyerang rumah keluarga berlantai tiga dan menyebabkan puluhan orang tewas, termasuk anak-anak.

Korban tewas di Gaza telah mencapai 30.410 orang, dan sekitar 71.700 orang terluka.

Pasukan Israel menyerbu Khan Yunis pada awal Desember dan sejak itu terus menghadapi perlawanan sengit di kota tersebut. Tentara bersiap untuk pindah ke Rafah, yang diklaim sebagai benteng terakhir Hamas.

Serangan yang direncanakan terhadap Rafah menimbulkan ancaman besar bagi lebih dari satu juta warga Palestina yang terdampar di kota tersebut, banyak di antara mereka yang mengungsi dari wilayah lain di Gaza.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas