Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tentara Israel Diduga akan Gelar Operasi Darat di Lebanon, Hizbullah Tidak Takut

Tentara Israel diduga akan menggelar operasi darat di Lebanon yang saat ini sedang direncanakan. Hizbullah tidak takut dengan ancaman perang.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Tentara Israel Diduga akan Gelar Operasi Darat di Lebanon, Hizbullah Tidak Takut
JACK GUEZ / AFP
Tentara Israel menembakkan mortir dari kendaraan lapis baja di posisi sepanjang perbatasan di Israel selatan pada 3 Januari 2024. -- Israel diduga persiapkan kemungkinan invasi ke Lebanon untuk lawan Hizbullah. 

TRIBUNNEWS.COM - Surat kabar Israel, Channel13 Israel, mengatakan Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Herzi Halevy, mulai menyiapkan kemungkinan operasi darat melawan Hizbullah di Lebanon.

Herzi Halevy khawatir dengan meningkatnya ketegangan di perbatasan Israel utara dan Lebanon selatan, di mana Hizbullah meluncurkan serangan ke Israel.

Channel13 Israel mengatakan Kepala Staf IDF tersebut mengambil pelajaran dari perang di Jalur Gaza.

"Herzi Halevy menugaskan Jenderal Chico Tamir, yang menyiapkan rencana operasi darat di Jalur Gaza, untuk merencanakan operasi darat baru di Lebanon," lapor Channel13 Israel, Jumat (8/3/2024).

Israel Ancam akan Invasi Hizbullah di Lebanon

Sebelumnya, surat kabar Lebanon Al-Akhbar, yang dekat dengan Hizbullah, melaporkan Israel memberi tahu negara-negara Eropa tentang batas waktu negosiasi dengan Hizbullah sebelum meluncurkan operasi darat.

Israel memberi kesempatan untuk menyelesaikan ketegangan dengan Hizbullah melalui negosiasi hingga 15 Maret 2024.

Jika lewat dari batas waktu tersebut, maka Israel akan siap untuk meningkatkan operasi militer untuk perang skala penuh melawan Hizbullah.

BERITA REKOMENDASI

Al-Akhbar mengutip sumber-sumber diplomatik Barat – yang namanya tidak disebutkan – bahwa pembicaraan Israel tentang tanggal tersebut meningkatkan kekhawatiran negara-negara Barat.

Sebelumnya, Prancis dan AS berupaya menerapkan Resolusi 1701 untuk memulai pengaturan perbatasan yang memberikan keamanan jangka panjang dan menjamin kembalinya para pengungsi di perbatasan Lebanon selatan dan Israel utara.

"Cara politik saja tidak cukup untuk melakukan pengamanan, meskipun pihak Amerika bersikeras untuk menyusun inisial perjanjian antara Beirut dan Tel Aviv," kata sumber itu kepada Al-Akhbar.

Baca juga: Israel dan Hizbullah Terlibat Baku Tembak di Perbatasan, Ekskalasi Meningkat di Antara Dua Pihak

Namun, sumber-sumber ini memperingatkan diskusi apa pun dan gencatan senjata dengan Hizbullah tidak akan bisa diterapkan selama agresi Israel terhadap Jalur Gaza terus berlanjut.

Hizbullah Tak Takut Ancaman Israel

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Hizbullah, Naeem Qassem, menegaskan tuntutan Hizbullah untuk menghentikan ketegangan tetap sama yaitu harus ada gencatan senjata terlebih dahulu di Jalur Gaza.

Ia mengungkapkan Hizbullah tidak takut dengan ancaman Israel.

“Mereka mengancam kami dengan agresi, dan kami mengancam mereka dengan ketabahan, perlawanan, dan konfrontasi. Mereka menghadapi pahlawan pemberani yang telah mereka rasakan dari kami sebelumnya," katanya, Selasa (5/3/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas