Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pilot Israel Ketar-ketir, Takut Dituntut Kejahatan Perang Pasca Bunuh Bos Hizbullah Hassan Nasrallah

37 dari 40 pilot cadangan skuadron Angkatan Udara Israel dilanda kekhawatiran setelah etelah mengambil bagian dalam serangan yang menewaskan Nasrallah

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Sri Juliati
zoom-in Pilot Israel Ketar-ketir, Takut Dituntut Kejahatan Perang Pasca Bunuh Bos Hizbullah Hassan Nasrallah
khaberni
Para pilot skuadron Israel ke-69 yang melakukan serangan udara Beirut menyatakan kekhawatiran mereka apabila harus bertanggung jawab atas penyelidikan di Mahkamah Kriminal Internasional buntut kematian Nasrallah. 

TRIBUNNEWS.COM -  Pilot skuadron Israel ke-69 yang melakukan serangan udara Beirut dengan menargetkan pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah kini tengah dilanda ketakutan.

Sebanyak 37 dari 40 pilot cadangan skuadron dari Angkatan Udara Israel yang menjalankan operasi Orde Baru oleh mengaku dilanda kekhawatiran setelah mengambil bagian dalam serangan udara di Beirut Lebanon.

Mereka menargetkan markas bawah tanah Hizbullah, menghancurkan empat bangunan tempat tinggal di pinggiran selatan ibu kota Lebanon, Dariyeh hingga menewaskan pemimpin Hizbullah.

Para cadangan senior menyatakan kekhawatiran apabila mereka harus bertanggung jawab atas penyelidikan di Mahkamah Kriminal Internasional buntut kematian Nasrallah.

“Kami khawatir bahwa reformasi tersebut, dapat merusak independensi dan legitimasi sistem peradilan, dapat menyebabkan personel militer tunduk pada penyelidikan dan penuntutan atas kejahatan perang oleh ICC,” ujar Prajurit cadangan senior, mengutip Middle East Monitor.

Dalam keterangan resminya mereka juga mengaku, serangan udara itu dilakukan untuk menargetkan Hassan Nasrallah.

Hal tersebut juga dibenarkan Kepala skuadron angkatan udara, yang mengatakan bahwa para pilot hanya diberi rincian target lokasi sebelum lepas landas, tapi tidak terkait target korban.

BERITA REKOMENDASI

Sebagai bentuk protes 37 dari 40 pilot cadangan skuadron dari Angkatan Udara Israel itu berjanji tidak akan mengambil bagian dalam latihan udara.

Netanyahu Kecam Militernya

Pasca Pilot skuadron Israel ke-69  melayangkan protes kepada pemerintah atas penugasan operasi yang menewaskan pimpinan Hizbullah, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akhirnya buka suara.

Netanyahu dengan tegas mengecam protes yang diajukan para pilot tersebut.

Baca juga: Netanyahu Bergegas Mencari Tempat Berlindung Setelah Rudal Menghantam Area Kediaman di Keisarya

“Penolakan untuk mengabdi mengancam fondasi keberadaan kami, dan karenanya hal itu tidak boleh mendapat tempat di jajaran kami,” ujar Netanyahu.

Kritikan serupa juga dilontarkan Menteri Pertahanan, Yoav Gallant para pilot tersebut.

Sementara media Israel melaporkan bahwa kepala staf Israel, Letnan Jenderal Herzl Halevi, secara pribadi telah memberi tahu Netanyahu bahwa bahkan diskusi mengenai penolakan untuk bertugas dapat membahayakan “kapasitas operasional” militer.

Buntut masalah ini Netanyahu akhirnya menggelar pertemuan dengan komandan skuadron dan pejabat angkatan udara, serta para prajurit cadangan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas