Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Israel Tak Bisa Melenyapkan Hamas, AS Telah Berubah Sikap, AS Pilih Abstain di Dewan Keamanan PBB

Para anggota partai yang berkuasa di negara mengatakan bahwa Tel Aviv telah gagal mencapai hampir semua tujuannya di Gaza setelah enam bulan.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Israel Tak Bisa Melenyapkan Hamas, AS Telah Berubah Sikap, AS Pilih Abstain di Dewan Keamanan PBB
khaberni/HO
KRISIS AMUNISI DAN PERSENJATAAN - Tentara Israel dilaporkan mengalami krisis amunisi dan persenjataan memasuki lima bulan lebih perang Gaza melawan Hamas. 

Israel Tak Bisa Melenyapkan Hamas, AS Telah Berubah Sikap, AS Pilih Abstain di Dewan Keamanan PBB

TRIBUNNEWS.COM- Tel Aviv tidak dapat menghancurkan Hamas setelah AS 'berbalik'. 

Ketika para pejabat intelijen mengakui bahwa perlawanan Palestina sepertinya tidak akan bisa dipadamkan, para anggota partai yang berkuasa di negara tersebut mengatakan bahwa Tel Aviv telah gagal mencapai hampir semua tujuannya di Gaza setelah enam bulan.

Pejabat intelijen Israel mengatakan kepada The Telegraph bahwa tujuan pemerintah untuk membasmi Hamas di Jalur Gaza menjadi tidak mungkin tercapai.

Terutama setelah AS berpaling dari Tel Aviv dengan abstain dalam pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB (DK PBB) awal pekan ini.

“Jika Anda menanyakan hal ini kepada saya sebulan yang lalu, saya pasti akan menjawab ya [kita dapat melenyapkan Hamas] karena, pada saat itu, Amerika mendukung Israel,” kata seorang pejabat intelijen Israel kepada harian Inggris, yang dilaporkan menyarankan penilaian ini “sekarang telah berubah.”

“AS tidak mendukung masuknya Israel ke Rafah, seperti yang mereka lakukan sebelumnya, jadi kondisi saat ini tidak bagus, artinya Israel harus melakukan sesuatu yang dramatis dan drastis untuk mengubah momentum dan iklim,” tambah sumber tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Hal ini menyoroti tekanan yang terjadi di Rafah semakin mendesak Israel untuk mencapai semacam kesepakatan, yang berarti Hamas bisa bertahan. Baik Hamas maupun Iran memainkan peran dalam hal ini.”

Menurut pejabat tersebut, aparat keamanan Israel meyakini bahwa Hamas fokus untuk bertahan hingga musim panas, ketika kampanye pemilu AS akan berjalan maksimal.

Meskipun sumber-sumber The Telegraph menegaskan bahwa AS telah membiarkan Israel melakukan pertempuran ini sendirian, laporan baru di media barat menunjukkan bahwa Washington malah mengambil pendekatan yang lebih langsung untuk merencanakan operasi yang akan terjadi di Rafah, kota paling selatan Gaza di mana sekitar 1,5 juta warga Palestina berada. berlindung.

Ketika genosida warga Palestina di Gaza mendekati bulan keenamnya, tekanan global semakin meningkat terhadap Israel dan negara-negara Barat yang mendukungnya.

Tekanan semakin besar kepada Israel dan negara-negara Barat untuk menghentikan pertumpahan darah dan mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan untuk mencegah kelaparan.

Namun demikian, para pejabat Israel berpendapat bahwa invasi darat ke Rafah sangat penting untuk menghancurkan batalion terakhir Hamas.

Terlepas dari pernyataan ini, pertempuran sengit antara perlawanan Palestina dan tentara Israel terus berlangsung setiap hari di Gaza utara dan tengah.

Ketika realisasi dari kampanye yang gagal ini mulai disadari oleh para perencana Israel, Amit Halevi, seorang anggota parlemen dari partai berkuasa Likud, minggu ini meluncurkan daftar pencapaian strategis bagi Hamas dan Israel – yang memberikan skor 10 banding satu.

Menurut Halevi, prestasi Hamas termasuk keberhasilan militer dalam operasi Banjir Al-Aqsa pada tanggal 7 Oktober, meningkatnya seruan internasional untuk negara Palestina, dukungan luas terhadap Palestina di kalangan para ahli dan intelektual barat, merugikan kohesi masyarakat Israel.

”Sebagai akibat dari gelombang protes yang menuntut penyelamatan tawanan di Gaza, pengaktifan berbagai front regional melawan Israel, evakuasi massal pemukim dari utara, isolasi politik Israel di panggung global, “gelombang kekerasan”. anti-semitisme” di seluruh dunia,” dan blokade laut yang “efektif” terhadap kapal-kapal yang terkait dengan Israel.

Bagi Israel, Halevi hanya menyebutkan satu pencapaian strategis setelah enam bulan genosida: “Komitmen, dedikasi, dan semangat kesukarelaan ratusan ribu tentara dan keluarga mereka.”

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas