Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sesama Palestina Bentrok, Brigade Tulkarem Lawan Dinas Keamanan PA, PIJ: Aksi Keji Bantu Israel

Bentrokan terjadi setelah pasukan keamanan Otoritas Palestina berusaha menangkap sekelompok pemuda yang berasal dari Brigade Tulkarem.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Sesama Palestina Bentrok, Brigade Tulkarem Lawan Dinas Keamanan PA, PIJ: Aksi Keji Bantu Israel
khaberni/HO
Pasukan keamanan Otoritas Palestina menangkap seorang pemuda di Tepi Barat. Aksi penangkapan ini memicu bentrokan antara milisi Brigade Tulkarem, sayap militer Brigade Al-Quds dari PIJ dan pasukan keamanan Otoritas Palestina di wilayah Kegubernuran Tulkarem, Tepi Barat, Minggu (31/3/2024). 

Sesama Palestina Bentrok, Brigade Tulkarem Lawan Otoritas Palestina, PIJ: Aksi Keji Bantu Israel

TRIBUNNEWS.COM - Bentrokan antar-sesama entitas Palestina dilaporkan kembali terjadi di beberapa daerah di Tulkarem, Minggu (31/3/2024).

Laporan Khaberni melansir, bentrokan terjadi antara milisi perlawanan dan dinas keamanan Palestinian Authority (PA) atau Otoritas Palestina di beberapa wilayah Kegubernuran Tulkarem di Tepi Barat.

Bentrokan terjadi antara kedua belah pihak setelah pasukan keamanan Otoritas Palestina berusaha menangkap sekelompok pemuda yang berasal dari Brigade Tulkarem.

Baca juga: Suku-Suku di Gaza Tolak Jadi Antek Israel, Hamas Justru Ditikam Bos Intelijen Otoritas Palestina?

Atas bentrokan ini, Brigade Qaffin - Saraya Al-Quds, yang berafiliasi dengan Gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ), menyatakan kalau apa yang dilakukan badan keamanan Otoritas Palestina terhadap anggotanya adalah “tindakan keji dan tercela yang menunjukkan kegagalan pihak berwenang dan membantu pendudukan dalam membunuh rakyat kami,”

Sementara Brigade Martir Al-Aqsa, sayap militer Gerakan Pembebasan Nasional Palestina, menyerukan agar "(Fatah) dinas keamanan Palestina untuk menghentikan perlawanan mereka."

Bentrokan yang disiarkan oleh platform lokal Palestina menunjukkan konfrontasi bersenjata antara perlawanan Palestina dan dinas keamanan Palestina di kamp Nour Shams di Tulkarem.

Baca juga: Api Gaza Menjalar ke Tepi Barat: Brigade Tulkarem Himpun Pasukan, Brigade Jenin Duluan Serang Israel

Anggota gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) atau Brigade Al-Quds mengacungkan senjatanya, berparade di jalan-jalan Kota Gaza pada 5 Januari 2022.
Anggota gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ) atau Brigade Al-Quds mengacungkan senjatanya, berparade di jalan-jalan Kota Gaza pada 5 Januari 2022. (Mahmud ham / AFP)

Milisi Perlawanan Beri Peringatan

BERITA TERKAIT

Media Palestina melaporkan kalau dinas keamanan Palestina sedang mengejar komandan Brigade Tulkarem, “Abu Shujaa,” dan rekan-rekannya .

Brigade Qaffin - Saraya al-Quds memperingatkan dalam sebuah pernyataan, "setiap upaya untuk menangkap salah satu mujahidinnya dari Tulkarem hingga Jenin akan ditanggapi secara keras dan jujur."

Pernyataan tersebut meminta para pejabat di Otorita Palestina untuk menghentikan apa yang disebutnya sebagai tindakan bodoh sebelum konflik berkembang menjadi lebih buruk.

Pernyataan tersebut juga meminta kepada rakyat Palestina “untuk berdiri di atas kebenaran dan mengecam tindakan-tindakan yang tidak menyenangkan ini, karena tindakan-tindakan tersebut akan mengarah pada perang internal yang hanya akan menghasilkan perang internal.”

"Israel dan mata-matanya mendapatkan keuntungan (dari konflik antar-Palestina),” kata pernyataan tersebut

Brigade Martir Al-Aqsa mengatakan dalam sebuah pernyataan kalau “mujahidinnya adalah garis merah, dan siapa pun yang mencoba untuk menyakiti mereka akan menerima respons yang menyakitkan,”.

Gerakan milisi itu juga menuntut agar dinas keamanan Otoritas Palestina menghentikan perlawanan dan pembebasan mereka yang ditahan.

Brigade Tulkarem Tepi Barat Palestina
Pasukan dari Brigade Tulkarem sayap militer dari Saraya Al-Quds, yang berafiliasi dengan Gerakan Jihad Islam (PIJ).

Dinamika Tepi Barat

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas