Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Pejabat Israel Ini Mengamuk karena Perang Gaza akan Berakhir, Ben Gvir Ancam Pecat Netanyahu

Para pejabat tinggi Israel termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir  dan Bezalel Smotrich meradang karena perang Gaza akan berakhir.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Dua Pejabat Israel Ini Mengamuk karena Perang Gaza akan Berakhir, Ben Gvir Ancam Pecat Netanyahu
khaberni
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben Gvir: 

Para Pejabat Tinggi Israel Panik Perang Gaza akan Berakhir, Ben Gvir akan Pecat Benjamin Netanyahu

TRIBUNNEWS.COM- Para pejabat tinggi Israel termasuk Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir  dan Bezalel Smotrich meradang karena perang Gaza akan berakhir.

Rasa kecewa ini menyusul penarikan besar-besaran pasukan Israel dari Gaza, yang hanya menyisakan beberapa ratus tentara di jalur tersebut.

Ketegangan terus meningkat di dalam pemerintahan Israel ketika pihak-pihak yang bertikai mengungkapkan rasa frustrasinya atas melambatnya perang di Jalur Gaza.

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben Gvir dari partai Otzma Yehudit mengatakan pada tanggal 8 April melalui akun X-nya bahwa jika Perdana Menteri Benjamin Netanyahu “memutuskan untuk mengakhiri perang tanpa serangan besar-besaran terhadap Rafah untuk mengalahkan Hamas, dia tidak akan memiliki mandat untuk terus menjabat sebagai Perdana Menteri.”

Baca juga: Demo Tel Aviv 5 Orang Terluka Ditabrak Mobil, Tentara Wanita Israel Ambruk Dihajar KO Pengunjuk Rasa

Bezalel Smotrich dari Partai Religius Zionis pada hari Senin meminta perdana menteri untuk segera mengadakan pertemuan kabinet keamanan untuk membahas keadaan perang saat ini di Gaza.

“Satu-satunya forum yang berwenang untuk membuat keputusan penting dalam perang adalah kabinet [keamanan] penuh, tapi sayangnya, hal ini tidak terjadi,” kata Smotrich dalam sebuah pernyataan.

BERITA TERKAIT

“Kami melihat keputusan-keputusan diambil dalam kabinet [perang] yang lebih kecil tanpa persetujuan, tanpa memperbarui seluruh kabinet, di bawah tekanan internasional yang merugikan momentum perang dan kepentingan keamanan kami,” tambahnya.

Pernyataan Ben Gvir dan Smotrich muncul satu hari setelah penarikan sebagian besar pasukan Israel dari Gaza, yang oleh media Ibrani disebut sebagai penghentian resmi operasi darat Israel di jalur tersebut, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga: Demo Tel Aviv 5 Orang Terluka Ditabrak Mobil, Tentara Wanita Israel Ambruk Dihajar KO Pengunjuk Rasa

Pada Minggu malam, Kepala Staf Angkatan Darat Israel Herzi Halevi membahas penarikan tersebut, dengan mengatakan, "Kami masih memiliki banyak pasukan di Gaza, dan perang masih panjang."

Satu brigade telah ditinggalkan di Gaza setelah penarikan tersebut, yang digambarkan oleh jurnalis Sherit Avitan Cohen sebagai “awal” operasi di Rafah.

Ratusan tentara tetap berada di Gaza untuk mengamankan koridor Netzarim – yang membelah jalur tersebut menjadi dua dan digunakan oleh pasukan Israel untuk mencegah kembalinya para pengungsi ke Gaza utara.

Cohen menambahkan, bagaimanapun, operasi di Rafah telah ditunda beberapa kali, dan tidak ada yang tahu alasannya.

Israel pada awalnya merencanakan serangan besar-besaran terhadap kota yang sangat padat itu – yang menampung lebih dari satu juta warga Palestina yang terkepung, yang sebagian besar mengungsi dari daerah lain di Gaza.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas