Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Pemukim Israel Menggila di Tepi Barat, Hamas Serukan Perlawanan Total Rakyat Palestina

Hamas menyerukan agar Rakyat Palestina mengaktifkan segala bentuk perlawanan untuk mencegah pemukim Yahudi Israel melakukan kejahatan di Tepi Barat

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Serangan Pemukim Israel Menggila di Tepi Barat, Hamas Serukan Perlawanan Total Rakyat Palestina
Nedal Eshtayah/Anadolu/Getty
Sebuah mobil milik warga Palestina yang dibakar pemukim Yahudi Israel dalam serangan yang dilindungi tentara IDF di Kota Qusra, Nablus, Tepi Barat, 14 April, 2024. 

Serangan Pemukim Yahudi Menggila di Tepi Barat, Hamas Serukan Perlawanan Total Rakyat Palestina

TRIBUNNEWS.COM - Gerakan pembebasan Palestina Hamas merespons meningkatnya aksi penyerangan dan kekerasan warga pemukim Yahudi Israel ke warga Palestina di Tepi Barat.

Dalam sebuah pernyataan, Senin (15/4/2024) Hamas menyerukan agar "Rakyat Palestina mengaktifkan segala bentuk perlawanan untuk mencegah pemukim melakukan kejahatan mereka di Tepi Barat.”

Baca juga: Api Gaza Menjalar ke Tepi Barat: Brigade Tulkarem Himpun Pasukan, Brigade Jenin Duluan Serang Israel

“Serangan terus-menerus yang dilakukan milisi pemukim terhadap desa-desa dan kota-kota di Tepi Barat adalah kelanjutan dari serangkaian kejahatan yang didukung oleh pemerintah pendudukan Nazi dan para pemimpin kriminalnya, yang menghasut untuk menumpas darah dan sumber daya orang - orang kita," kata Hamas dalam seruannya.

“Darah ini tidak akan tertumpah dengan sia-sia. Sebaliknya, hal ini akan memicu balas dendam dan api yang akan membakar pendudukan (Israel) dan pemukimnya. Ketabahan dan tekad rakyat kami tidak akan tergoyahkan oleh pembantaian atau kebrutalan pendudukan, yang upayanya untuk menghancurkan perlawanan di Tepi Barat telah gagal,” kata pernyataan tersebut.

Hamas juga mencatat, “serangan terorganisir dan meningkat yang dilakukan oleh milisi pemukim terhadap warga dan harta benda mereka, dan penggunaan peluru tajam yang secara langsung menargetkan warga, merupakan eskalasi yang berbahaya dan bukti kebrutalan pendudukan.

"Mereka menumpahkan darah warga Palestina dan keinginan luar biasa mereka untuk mengusir warga Palestina dari tanah mereka untuk melaksanakan rencana jahatnya melikuidasi perjuangan Palestina,” tambah gerakan tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Parlemen Arab mengutuk “eskalasi kejahatan dan pelanggaran yang dilakukan oleh para pemukim, milisi mereka, dan anggota teroris bersenjata mereka terhadap warga Palestina yang tidak berdaya di desa-desa, kota kecil, kamp dan kota besar Palestina di Tepi Barat, termasuk melepaskan tembakan dan membakar rumah serta kendaraan yang mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, semuanya berada di bawah perlindungan tentara pendudukan Israel.”

Polisi Israel menyerang warga sipil Palestina di Tepi Barat. Aksi represif pihak Israel dibarengi dengan meningkatnya perlawanan warga Palestina seiring berlarutnya agresi militer IDF di Jalur Gaza.
Polisi Israel menyerang warga sipil Palestina di Tepi Barat. Aksi represif pihak Israel dibarengi dengan meningkatnya perlawanan warga Palestina seiring berlarutnya agresi militer IDF di Jalur Gaza. (Anadolu Agency)

Penyerangan Pemukim Dilindungi Tentara IDF

Pemukim Israel pada Senin memang menunjukkan peningkatan serangan mereka terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Hal itu dilakukan dengan menyerbu kota-kota dan desa-desa dan membakar rumah-rumah dan mobil, memblokir jalan-jalan utama dan menyerang mobil-mobil yang lewat.

Dilindungi oleh pasukan pendudukan Israel, para pemukim menyerbu Kegubernuran Tubas di bagian utara Tepi Barat, dan membakar kendaraan seorang warga Palestina, Ahmed Hussein Abu Muhaisen.

Mereka juga menghancurkan jaringan listrik yang memasok komunitas Ain Ghazal di Al-Farisiya di wilayah yang sama.

"Berbagai wilayah di Lembah Yordan menjadi saksi serangan pemukim terhadap warga Palestina, termasuk pembakaran rumah, kendaraan dan kios sayur, sementara kendaraan diserang dan dihancurkan di dekat desa Al-Auja, Fasayel, Al-Nabi Musa dan Al-Ma'rajat," tulis laporan Memo.

Pemukim juga menutup persimpangan di Wadi Al-Qilt dan jalan Nabi Musa, serta menghalangi lalu lintas kendaraan melalui Jalan Satah Al-Bahr.

Pasukan pendudukan juga menyerbu kota Turmus Aya, dan desa Al-Mazraa Al-Sharqiya dan Abu Falah, timur laut Ramallah di tengah Tepi Barat yang diduduki, sementara seorang pemuda terluka dalam konfrontasi di desa Beit. Furik, sebelah timur Nablus di bagian utara Tepi Barat yang diduduki.

Tadi malam, para pemukim menembak dua pria saat melakukan serangan di kota Sinjil, timur laut Ramallah.

Serangan pemukim Israel telah meningkat pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, menurut PBB.

"Kegagalan Israel dalam melindungi warga Palestina dan mengadili pemukim telah menyebabkan impunitas hampir sempurna," kata pernyataan badan PBB.

(oln/memo/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas