Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Suara Bergetar Perwakilan Palestina saat AS Veto Keanggotaannya di PBB: Kami Tidak akan Menyerah

AS veto keanggotaan penuh Palestina di PBB. Riyad Mansour menyampaikan bahwa rakyat Palestina tidak akan berhenti berusaha.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Suara Bergetar Perwakilan Palestina saat AS Veto Keanggotaannya di PBB: Kami Tidak akan Menyerah
X
Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, memberikan pernyataan setelah AS veto negaranya sebagai anggota penuh PBB 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) memveto resolusi untuk menjadikan Palestina sebagai anggota penuh PBB, Kamis (18/4/2024).

Pemilihan suara dilakukan oleh 15 anggota Dewan Keamanan PBB.

Sebanyak 12 anggota menyetujui resolusi tersebut.

Sementara, Inggris dan Swiss abstain.

Hanya Amerika Serikat lah, yang merupakan sekutu Israel, menolak resolusi tersebut.

Padahal sekutu-sekutu AS, seperti Prancis, Jepang, dan Korea Selatan, semuanya mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB.

Dikutip dari Associated Press, kuatnya dukungan untuk Palestina mencerminkan semakin banyaknya negara yang mengakui status kenegaraannya.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, dukungan ini juga merupakan bentuk dukungan global atas krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh perang di Gaza.

Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour memberikan pernyataan setelah AS veto negaranya sebagai anggota penuh PBB
Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour memberikan pernyataan setelah AS veto negaranya sebagai anggota penuh PBB (X)

Resolusi ini seharusnya akan diteruskan ke Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang, yang tidak memiliki hak veto, untuk menyetujui Palestina menjadi anggota PBB yang ke-194.

Sekitar 140 negara telah mengakui Palestina, sehingga pengakuan mereka akan disetujui, kemungkinan besar oleh lebih banyak negara.

Wakil Duta Besar AS, Robert Wood, mengatakan kepada Dewan Keamanan bahwa veto tersebut tidak mencerminkan penolakan terhadap negara Palestina tetapi merupakan pengakuan bahwa hal itu hanya akan terjadi melalui negosiasi langsung antara para pihak.

Baca juga: Palestina Tolak AS yang Minta Penghentian Voting di DK PBB, Biden Bakal Setop Duit ke Badan PBB?

"Amerika Serikat secara konsisten sangat jelas bahwa tindakan prematur di DK PBB, meski dengan niat terbaik, tidak akan mencapai status kenegaraan bagi rakyat Palestina,” kata wakil juru bicara Departemen Luar Negeri, Vedant Patel.

Sementara itu, Duta Besar Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, memberikan pernyataan setelah keanggotaan negaranya dijegal AS.

Dengan suara bergetar dan menahan tangis, Riyad Mansour menyampaikan rakyatnya tidak akan menyerah.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas