Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Israel Gerebek Stasiun Al Jazeera di Jerusalem Timur dan Paksa Hentikan Siaran

Jaringan media Tiimur Tengah Al Jazeera mengecam keputusan pemerintah Israel yang menutup operasi media itu di Israel.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Polisi Israel Gerebek Stasiun Al Jazeera di Jerusalem Timur dan Paksa Hentikan Siaran
Al Jazeera
Penyiar Al Jazeera menginformasikan soal penutupan stasiun TV itu di Israel. /Foto: Tangkapan Layar 

TRIBUNNEWS.COM, ISRAEL - Jaringan media Tiimur Tengah Al Jazeera mengecam keputusan pemerintah Israel yang menutup operasi media itu di Israel.

Al Jazeera menyebut sikap Presiden Israel Benjamin Netanyahu Cs itu sebagai “tindakan kriminal” dan memperingatkan bahwa penindasan yang dilakukan negara tersebut terhadap kebebasan pers “bertentangan dengan hukum internasional dan kemanusiaan”.

“Jaringan Media Al Jazeera mengutuk keras dan mengecam tindakan kriminal yang melanggar hak asasi manusia dan hak dasar untuk mengakses informasi. Al Jazeera menegaskan haknya untuk terus memberikan berita dan informasi kepada khalayak global,” kata jaringan tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (5/5/2024)..

“Penindasan yang dilakukan Israel terhadap kebebasan pers, yang dipandang sebagai upaya untuk menyembunyikan tindakannya di Jalur Gaza, bertentangan dengan hukum internasional dan kemanusiaan," tulis Al Jazeera.

Disebutkan bahwa penargetan langsung dan pembunuhan jurnalis oleh Israel, penangkapan, intimidasi dan ancaman tidak akan menghalangi Al Jazeera dari komitmennya untuk meliput, sementara lebih dari 140 jurnalis Palestina telah terbunuh sejak awal perang di Gaza.

“Al Jazeera dengan keras menolak tuduhan yang diajukan oleh otoritas Israel yang menyatakan bahwa standar profesional media telah dilanggar. Ini menegaskan kembali komitmen teguh terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Kode Etiknya,” katanya.

Baca juga: Benjamin Netanyahu Tutup Siaran TV Al Jazeera di Israel: Pemberitaannya Membahayakan

Netanyahu Tutup Paksa

BERITA REKOMENDASI

Pernyataan itu muncul setelah kabinet Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan suara bulat memutuskan untuk menutup operasi Al Jazeera di Israel, beberapa minggu setelah parlemen Israel mengesahkan undang-undang yang mengizinkan penutupan sementara lembaga penyiaran asing yang dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional selama perang berbulan-bulan di Gaza. .

Netanyahu mengumumkan keputusan tersebut di X (dulu Twitter).

“Pemerintahan yang saya pimpin dengan suara bulat memutuskan: saluran hasutan Al Jazeera akan ditutup di Israel,” tulisnya dalam bahasa Ibrani.

Menteri Komunikasi Israel Shlomo Karhi menulis di X bahwa dia telah menandatangani perintah menentang Al Jazeera, yang akan segera berlaku.

Karhi mengatakan dia memerintahkan penyitaan peralatan penyiaran Al Jazeera “yang digunakan untuk menyampaikan konten saluran tersebut”, termasuk peralatan pengeditan dan routing, kamera, mikrofon, server dan laptop, serta peralatan transmisi nirkabel dan beberapa telepon seluler.

Stasiun Al Jazeera Digerebek

Pada hari Minggu (5/5/2024) malam, polisi Israel  menggerebek lokasi Al Jazeera di Yerusalem Timur yang diduduki dan penyedia satelit dan kabel menghentikan siaran Al Jazeera.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas