Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Netanyahu Bohong, Komandan Divisi Gaza Israel Ternyata Masih Hidup, Hamas: Dia Tawanan Kami

Perdana Menteri Israel Netanyahu menyebut Komandan Divisi Gaza Israel tewas pada 7 Oktober 2023 lalu, Hamas: Dia masih hidup, dia tawanan kami.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Netanyahu Bohong, Komandan Divisi Gaza Israel Ternyata Masih Hidup, Hamas: Dia Tawanan Kami
X/Telegram/Brigade Al-Qassam
Cuplikan video yang diterbitkan Brigade Al-Qassam pada Kamis (23/5/2024) mengungkap bahwa Komandan Divisi Gaza Israel, Mayor Jenderal Assaf Hamami, masih hidup dan tidak terbunuh dalam Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023 lalu. 

TRIBUNNEWS.COM - Sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam, menerbitkan video yang mengonfirmasi pernyataan palsu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang mengatakan Komandan Divisi Gaza Israel, Mayor Jenderal Assaf Hamami, terbunuh dalam Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023 lalu.

Brigade Al-Qassam mengatakan Mayor Jenderal Assaf Hamami masih hidup dan menjadi tawanannya di Jalur Gaza.

“Mayor Jenderal Assaf Hamami, komandan Brigade Selatan Divisi Gaza, ditangkap pada tanggal 7 Oktober, dan terluka selama penangkapannya," kata Brigade Al-Qassam dalam pernyataannya, Kamis (23/5/2024), dikutip dari Anadolu.

Pernyataan Brigade Al-Qassam melemahkan klaim Israel dan mempermalukan badan intelijen Israel.

Brigade Al-Qassam juga mengecam posisi pemerintahan Benjamin Netanyahu sebagai kepemimpinan yang membiarkan para pemimpin militernya ditawan.

Gerakan tersebut juga menulis tagar dalam postingan Telegram-nya, “Waktu hampir habis” dan “Pemerintahan Anda sudah habis."

Sebelumnya, Netanyahu mengatakan Mayor Jenderal Assaf Hamami tewas dalam serangan Hamas di markas Brigade Selatan di Divisi Gaza pada 7 Oktober 2023.

BERITA REKOMENDASI

Desember lalu, media Israel menyebarkan propaganda dengan menunjukkan klip video di mana tentara pendudukan Israel mengatakan Mayor Jenderal Assaf Hamami tewas dan tubuhnya ditahan oleh Hamas.

“Kolonel Assaf Hamami (41 tahun), komandan Brigade Selatan Divisi Gaza, dari Kiryat Ono (tengah), dibunuh pada tanggal 7 Oktober, jenazahnya disimpan di Jalur Gaza," tulis Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di media sosial X pada 2 Desember 2023.

Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, juga melaporkan berita sekitar dua bulan setelah Operasi Banjir Al-Aqsa, tentang pembunuhan Mayor Jenderal Assaf Hamami dan penculikan jenazahnya ke Jalur Gaza bersama dengan jenazah dua tentara dari unitnya.

Namun, klaim tersebut dibantah oleh Hamas dengan menerbitkan pernyataan terbarunya.

Baca juga: Israel Kecam Jerman yang Akan Menangkap dan Deportasi PM Israel Benjamin Netanyahu

Divisi Gaza adalah divisi militer dalam tentara pendudukan Israel bernomor "643" yang beroperasi di bawah komando Distrik Militer Selatan dan bermarkas di pangkalan Ra'im, yaitu 7 kilometer dari Jalur Gaza.

Mengapa Hamas Baru Mengumumkan Penangkapan Komandan Divisi Gaza Israel?

Pakar militer dan strategis, Kolonel Hatem Karim Al-Falahi, mengatakan keterlambatan Brigade Al-Qassam dalam mengumumkan penangkapan Mayor Jenderal Assaf Hamami mempunyai motif dan alasan penting.

Salah alasannya adalah memberikan tekanan terhadap Israel yang saat ini melancarkan serangan besar di Rafah, Jalur Gaza selatan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas