Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Takut Diusik Putin, 6 Negara NATO Bangun Dinding Drone di Perbatasan Rusia

Para menteri setuju untuk menjajaki kemungkinan agar Norwegia dapat bergabung dalam pembangunan dinding drone menggunakan dana UE.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Takut Diusik Putin, 6 Negara NATO Bangun Dinding Drone di Perbatasan Rusia
HO
Latvia, Lithuania, Estonia, Polandia, Finlandia dan Norwegia menggelar pertemuan dengan tujuan dari pembangunan dinding drone dimaksudkan untuk melindungi perbatasan mereka dari serangan Rusia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, VILNIUS – Enam negara anggota pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang bertetangga dengan Moskow sepakat membangun sistem pertahanan terpadu “dinding drone” di kawasan yang berbatasan dengan Rusia dan Belarusia.

Rencana ini disepakati Latvia, Lithuania, Estonia, Polandia, Finlandia dan Norwegia usai menggelar pertemuan di Riga minggu ini, adapun tujuan dari pembangunan dinding drone dimaksudkan untuk melindungi perbatasan mereka dari serangan Rusia.

“Ini adalah hal yang benar-benar baru, tembok drone yang membentang dari Norwegia hingga Polandia, dan tujuannya adalah menggunakan drone dan teknologi lainnya untuk melindungi perbatasan kita,” tegas Menteri Dalam Negeri Lituania Agne Bilotaite dikutip dari CNBC International.

Tak dijelaskan secara pasti kapan pembangunan akan mulai dilakukan, namun nantinya dinding drone yang dibangun 6 negara NATO akan dilengkapi dengan sistem pengawasan, serta berbagai teknologi tempur canggih seperti drone.

Baca juga: Siapkan Banyak Kejutan, Hizbullah Akan Gunakan Rudal Rusia-Iran untuk Jatuhkan Jet Tempur Israel

“Kami melihat upaya terus-menerus dari Rusia dan Belarusia untuk menggoyahkan keamanan dalam negeri dan ketertiban umum negara kami, menciptakan kepanikan dan ketidakpercayaan terhadap institusi,” kata Bilotaite.

“Oleh karenanya kita perlu memikirkan untuk mengevakuasi penduduk dalam skala regional, serta mengamankan perbatasan luar UE dengan drone,” imbuh Bilotaite.

BERITA REKOMENDASI

Meskipun Norwegia bukan anggota Uni Eropa, namun para menteri setuju untuk menjajaki kemungkinan agar Norwegia dapat bergabung dalam pembangunan dinding drone menggunakan dana UE sebagai upaya pertahanan bersama.

Tak hanya membangun dinding drone untuk mengantisipasi serangan Rusia, 6 negara NATO juga akan menyelenggarakan latihan evakuasi bersama di negara-negara yang terlibat.

“Kami sepakat untuk mengadakan latihan regional untuk memastikan evakuasi penduduk, untuk melihat bagaimana institusi kami siap bekerja, berinteraksi satu sama lain, melihat kapasitas kami untuk menampung orang, bagaimana kapasitas negara lain, apakah mereka mampu melakukan hal yang sama. siap menerima sejumlah orang kami,” jelas Bilotaite.

NATO Tegaskan Tak Akan Kirim Pasukan ke Ukraina

Lebih lanjut untuk mencegah meluasnya perang antara Ukraina dan Rusia, Sekretaris Jenderal pakta pertahanan Atlantik Utara (NATO) menuturkan bahwa pihaknya tidak memiliki rencana untuk mengirim pasukan militer khusus ke Ukraina.

Pernyataan itu diungkap setelah pimpinan Rusia Vladimir Putin mulai mengintensifkan serangan hingga mengklaim telah merebut lima desa di perbatasan di wilayah Kharkiv, Ukraina.

Baru-baru ini Putin juga turut memerintahkan para pasukannya untuk menggelar latihan militer besar-besaran di dekat perbatasan Ukraina dengan melibatkan senjata nuklir canggih yang memiliki kekuatan dan efek yang jauh lebih besar serta berbahaya ketimbang nuklir yang menghancurkan Hiroshima.

Dimana senjata taktis buatan Rusia memiliki kekuatan mulai dari satu kiloton hingga 50kt. Untuk skalanya, senjata yang menghancurkan Hiroshima memiliki kekuatan 15kt. Satu kilo ton setara dengan 1.000 ton TNT.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas