Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Pasok Senjata ke Israel Senilai Rp 3 Miliar Dolar atau Rp 49 Triliun Termasuk 25 Jet Tempur F-35

Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya menandatangani kesepakatan senilai $3 miliar Rp 48,9 Triliun untuk membeli skuadron ketiga

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in AS Pasok Senjata ke Israel Senilai Rp 3 Miliar Dolar atau Rp 49 Triliun Termasuk 25 Jet Tempur F-35
AFP
Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya menandatangani kesepakatan senilai $3 miliar atau Rp 48,9 Triliun untuk membeli skuadron ketiga yang terdiri dari 25 jet tempur siluman canggih F-35 yang diproduksi oleh Lockheed Martin, dengan pengiriman akan dimulai pada tahun 2028. 

AS Pasok Senjata ke Israel Senilai Rp 3 Miliar Dolar atau Rp 48,9 Triliun, Termasuk 25 Jet Tempur F-35

TRIBUNNEWS.COM- Israel mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya menandatangani kesepakatan senilai $3 miliar Rp 48,9 Triliun untuk membeli skuadron ketiga yang terdiri dari 25 jet tempur siluman canggih F-35 yang diproduksi oleh Lockheed Martin, dengan pengiriman akan dimulai pada tahun 2028.

“Pada saat beberapa musuh kita bertujuan untuk merusak hubungan kita dengan sekutu terbesar kita, kita justru semakin memperkuat aliansi kita,” kata Menteri Pertahanan Yoav Gallant dalam sebuah pernyataan saat mengumumkan kesepakatan tersebut.




“Ini mengirimkan pesan yang kuat kepada musuh-musuh kita di seluruh kawasan.”

Kementerian Pertahanan mengatakan kesepakatan itu akan menambah jumlah F-35 di armada Israel menjadi 75 unit.

“Pengiriman pesawat ke IDF (tentara) akan dimulai pada tahun 2028 dengan kecepatan tiga hingga lima pesawat per tahun,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Israel adalah satu-satunya negara Timur Tengah yang memiliki F-35, pesawat tempur tercanggih di dunia yang memiliki kemampuan siluman dan dapat digunakan untuk mengumpulkan intelijen, menyerang jauh ke wilayah musuh, dan terlibat dalam duel udara.

BERITA TERKAIT

Pada bulan Mei 2018, militer Israel mengatakan bahwa mereka telah menjadi negara pertama yang menggunakan F-35 dalam pertempuran.

Bahkan sebelum perang dengan Hamas meletus pada tanggal 7 Oktober, Israel telah melancarkan ratusan serangan di wilayah Suriah selama bertahun-tahun perang di negara tersebut, terutama menargetkan pasukan yang didukung Iran dan pejuang Hizbullah Lebanon, serta posisi tentara Suriah.

Pada bulan April, Iran melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel dengan menggunakan lebih dari 300 drone dan rudal ketika perang dengan Hamas di Gaza berkecamuk.


Joe Biden Ingin Gencatan Senjata Israel-Hamas

AS dan Israel menandatangani kesepakatan F-35 baru senilai miliaran. Klaim Presiden Biden yang menginginkan gencatan senjata di Gaza tidak memperlambat penjualan senjata AS ke Israel.

Kementerian Pertahanan Israel telah secara resmi menandatangani kesepakatan dengan AS untuk menerima 25 jet tempur F-35 tambahan, Times of Israel melaporkan pada 4 Juni.

Kementerian tersebut mengatakan sebuah delegasi ke AS baru-baru ini menandatangani surat perjanjian untuk kesepakatan senilai $3 miliar yang akan dibiayai oleh bantuan militer AS kepada Israel.

Perjanjian tersebut akan menambah skuadron ketiga ke armada pesawat buatan Lockheed Martin milik Angkatan Udara Israel.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas