Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pendudukan Israel adalah Akar Penyebab Kekacauan di Palestina, Kata Navi Pillay

Navi Pillay mengatakan Bahwa Pendudukan Israel yang sedang berlangsung adalah penyebab mendasar dari kekacauan di wilayah Palestina.

Editor: Muhammad Barir
zoom-in Pendudukan Israel adalah Akar Penyebab Kekacauan di Palestina, Kata Navi Pillay
AFP/BASHAR TALEB
Seorang gadis Palestina menyaksikan orang lain memeriksa sekolah PBB yang menampung para pengungsi yang terkena pemboman Israel di Nuseirat, di Jalur Gaza tengah, pada 6 Juni 2024, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok militan Hamas Palestina. - Militer Israel mengatakan pada tanggal 6 Juni bahwa jet tempurnya telah menyerang sebuah sekolah milik PBB yang digunakan oleh militan Palestina di Gaza tengah, dan pihak berwenang di wilayah yang dikelola Hamas melaporkan sedikitnya 27 orang tewas. (Photo by Bashar TALEB / AFP) 

Pendudukan Israel adalah Akar Penyebab Kekacauan di Palestina, Kata Navi Pillay

TRIBUNNEWS.COM- Pendudukan Israel adalah akar penyebab kekacauan di Palestina, kata Navi Pillay.

Navi Pillay, Ketua Komisi Penyelidikan Internasional Independen mengenai Wilayah Pendudukan Palestina, menegaskan pada hari Rabu.

Bahwa Pendudukan Israel yang sedang berlangsung adalah penyebab mendasar dari kekacauan di wilayah Palestina.

“Warga Palestina telah menderita puluhan tahun penderitaan akibat pendudukan tanah mereka,” kata Pillay.

Dia menekankan bahwa penyelidikan komisi tersebut masih belum lengkap, karena pendudukan telah melarang komisi tersebut mengakses daerah-daerah penting termasuk Gaza, Tepi Barat, dan wilayah pedalaman yang diduduki.

Dia menyoroti bahwa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) berencana untuk mengandalkan temuan-temuan laporan komisi tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Mengingat kendala-kendala ini, Pillay menyerukan perluasan misinya. Dia mencatat bahwa PBB telah sepenuhnya kooperatif dan terdapat nota kesepahaman (MoU) dengan Jaksa ICC, yang memfasilitasi kolaborasi tersebut.

Sumber: Roya News

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas