Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Houthi Tak Kendur Seusai 7 Bulan Digempur, Kapal Induk Eisenhower AS Ditarik Mundur dari Laut Merah

pasukan Amerika telah menembakkan lebih dari 500 amunisi dan mengejar hampir 430 target. Namun belum ada tanda-tanda Houthi mengendur

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Houthi Tak Kendur Seusai 7 Bulan Digempur, Kapal Induk Eisenhower AS Ditarik Mundur dari Laut Merah
US CENTCOM
Kapal induk Amerika Serikat, USS Dwight D Eisenhower melewati Selat Hormuz menuju perairan Teluk. Gambar diambil pada 26 November 2023. 

Houthi Tak Mundur Seusai 7 Bulan Digempur, Grup Kapal Induk Dwight D Eisenhower Ditarik Mundur dari Laut Merah

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah video baru yang dirilis oleh awak kapal induk USS Dwight D. Eisenhower, yang telah menghabiskan waktu berbulan-bulan di garis depan pertempuran Angkatan Laut AS melawan Houthi, menunjukkan beberapa pertempuran sengit yang terjadi antara pasukan Amerika dan gerakan milisi perlawanan yang didukung Iran tersebut di Laut Merah.

Kapal Induk Eisenhower dan kapal perang lain Angkatan Laut AS dalam kelompok striker group meninggalkan Timur Tengah pada  Sabtu (22/6/2024) setelah menghabiskan lebih dari tujuh bulan di perairan yang bergejolak di kawasan itu untuk mengamankan jalur pelayaran utama di Laut Merah dan Teluk Aden dari serangan tak henti-henti Houthi demi mendukung perjuangan Palestina melawan agresi militer dan bombardemen buta Israel di Gaza.

Baca juga: Houthi Yaman Ikut Didihkan Front, Serang Tiga Kapal, Kargo Verbena Terbakar Kena Rudal di Laut Arab

Sebagai bagian dari upaya ini, pasukan Amerika sering ditugaskan untuk mencegat rudal dan drone Houthi di udara dan laut.

AS juga melakukan sejumlah serangan – baik secara sepihak maupun dengan mitra koalisi – yang menargetkan sejumlah fasilitas di Yaman dengan dalih memburu lokasi dan fasilitas senjata Houthi.

Video singkat tersebut, yang dibagikan minggu ini ke berbagai akun media sosial dan disetel dengan latar belakang lagu berjudul "Back in Black" dari grup Rock AC/DC ini , menunjukkan para pelaut dan pilot Angkatan Laut AS selama operasi di dek penerbangan kapal induk bertenaga nuklir, yang dikenal sebagai Ike.

Akses Video Tersebut di SINI

BERITA REKOMENDASI

Pesawat terlihat lepas landas dan mendarat, serta dipersenjatai kembali dengan amunisi.

Video tersebut juga menunjukkan rekaman serangan udara AS yang sebelumnya tidak terlihat yang menargetkan kelompok Houthi di Yaman dan intersepsi terhadap ancaman mereka setelah peluncuran.

Rekaman udara menangkap ledakan di pegunungan, di atas dan di dalam air, dan di darat.

Beberapa mitra koalisi seperti Inggris dan Perancis juga telah menerbitkan rekaman keterlibatan kontra-Houthi, sehingga memberikan gambaran lebih dekat kepada publik mengenai konflik tersebut.

Baca juga: Tentara Israel Otw Lebanon, IDF Serang Besar-besaran Pusat Kota Rafah, Bombardir Sheikh Ajlin

Kapal induk Amerika Serikat, Eisenhower.
Kapal induk Amerika Serikat, Eisenhower. (U.S. Navy)

Gempur Houthi Selama 7 Bulan

Strike Group atau Kelompok penyerang Eisenhower tiba di Timur Tengah pada awal November, dan pada akhir Mei, pasukan Amerika telah menembakkan lebih dari 500 amunisi dan mengejar hampir 430 target Houthi yang terencana dan dinamis, yang menggarisbawahi sifat lingkungan operasi yang bertempo tinggi.

Angka tersebut terus meningkat dalam beberapa minggu sejak serangan Houthi terus berlanjut, tanpa ada tanda-tanda melambat.

Meski begitu, belum ada tanda-tanda Houthi mundur dan mengendur.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas